Iman Menyelamatkan!

Siraman Rohani

Sabtu, 12 Agustus 2017

Rm Fredy Jehadin SVD

Matius 17:14 -20

Saudara-saudari… Ceritera Injil hari ini mengingatkan kita akan iman kita akan Tuhan, sekaligus menantang kita akan penghayatan dan pengamalan iman kita.

Hari Kamis, 10 Agustus 2017, bersama tiga Frater saya pergi ke kantor Duta Vatikan di Port Moresby. Biasanya saya nyetir Sedan, tapi kali ini saya nyetir Bus 15 tempat duduk. Sepulang dari Kantor Duta Vatikan, sewaktu lewat bundaran, dengan segala keyakinan saya arahkan mobil-ku ke jalur kanan, mendaki bukit. Pikirku, bahwa jalan itu adalah untuk dua arah. Tetapi sesudah masuk di badan jalan, sambil mendaki, tiba-tiba dua mobil dari arah berlawanan lari turun ke arah saya. Saya langsung stop. Kedua mobil di depan saya pun stop. Mereka kaget.

Sesungguhnya tabrakan sudah seharusnya bisa terjadi karena jalannya turun dan mulus, dan sopir tahu bahwa itu hanya jalan satu arah. Tetapi puji Tuhan, hal yang buruk tidak terjadi ke atas kami. Yang sangat menarik bahwa pengendara mobil yang di depan saya menurunkan kaca mobilnya dan dengan tenang katakan kepada saya: “Jangan takut, silahkan lari mundur, pelan-pelan.” Saya katakan padanya: “Maaf, saya sudah salah!” Dari kejauhan saya lihat begitu banyak mobil ada di belakangnya. Tetapi semuanya tenang, tidak ada yang bunyikan klakson dan ngomel. Biasanya kalau ada sopir yang salah mengambil jalur ada banyak reaksi, ada yang teriak dan marah, ada yang bunyikan klakson. Tapi yang saya alami pada hari Kamis kemarin, sama sekali lain. Kedua sopir di depan saya tenang-tenang saja, malah yang satu arahkan dan tenangkan saya.

Sewaktu saya ceriterakan pengalaman ini kepada seorang teman anggota Siraman Rohani, dia katakan kepada saya: “Pater tidak ditabrak atau tidak dicaci maki atau tidak dimarahi karena Tuhan tetap menjaga dan melindungi Pater. Sebelum berjalankan Pater selalu meminta Tuhan untuk melindungi Pater. Jadi Tuhan tetap menjaga Pater.” Komentar teman ini sungguh meneguhkan dan menguatkan iman saya. Sungguh benar, bahwa Tuhan selalu melindungi kita, yang sungguh percaya kepada-Nya. Iman kita kepada-Nya selalu menyelamatkan kita.

Saudara-saudari… Hari ini Tuhan kembali mengingatkan kita akan penting dan manfaatnya iman kepada Dia. Seorang Bapa yang anaknya menderita sakit ayan, anaknya kembali sembuh berkat imannya yang sangat kuat kepada Yesus Kristus. Imannya sudah menyelamatkan anaknya yang sakit ayan itu. Dia sudah berusaha membawa anaknya kepada dokter dan para murid Yesus, tetapi anaknya tidak juga sembuh-sembuh. Tetapi sang bapa tetap tidak putus asa. Karena cintanya kepada anaknya, dia tetap berusaha sampai menemukan pribadi yang bisa menyembuhkan dia. Kini dia bertemu dengan Yesus Kristus. Dia sungguh percaya bahwa Yesus-lah yang bisa menyembuhkan anaknya. Dari sikapnya sewaktu bertemu Yesus kita bisa tahu betapa besarnya imannya kepada Yesus. Sewaktu dia mendapatkan Yesus, dia menyembah Yesus Kristus sambil berkata: “Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air. Aku sudah membawanya kepada murid-muridMu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya.” Dari sikap dan kata-katanya bisa diketahui betapa besar iman-nya kepada Yesus Kristus. Mendengar ceritera yang sangat menyedihkan itu, Yesus meminta bapa itu untuk membawa anaknya kepada-Nya. Kemudian dengan keras Yesus menegor Setan yang ada di dalam diri anak itu, lalu keluarlah Setan itu dari padanya. Iman sang Bapa sudah menyelamatkan anaknya.

Bagaimana dengan iman kita akan Yesus Kristus? Apakah kita juga selalu alami bantuanTuhan karena kita selalu pasrahkan diri kita kepada kuasa dan kekuatanNya?

Kita berdoa semoga Tuhan selalu menguatkan iman kita dan pasrahkan diri kita kepada-Nya.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.

Leave a Reply

