Bagi yang percaya akan diselamatkan dan yang menertawakan Tuhan akan diusir!

Siraman Rohani
Senin 10 Juli 2017
Rm Fredy Jehadin SVD
Bacaan injil : Mateus 9:18-26
Saudara -saudari …. Di saat hati dan pikiran kita kalut dan badan kita semakin lemah karena tantangan hidup yang sedang kita alami, ke manakah kita mencari pertolongan? Apa saja yang bisa kita buat dalam situasi kalut seperti itu?
Waktu libur di bulan Agustus 2010 saya mengunjungi keluarga besar saya di kampung asal kami. Di saat kami lagi sibuk mengurus pesta kenduri dari Om kami, adik kandungnya bergulat dengan maut. Saya lari kepadanya memberi dia Sakramen Minyak Suci dan Komuni Suci. Keluarga besar kami panik. Saya berbisik di telinga om yang lagi bergulat: “Om…tolong…kasihanilah kami semua. Kami lagi mengurus kenduri kakakmu, mintalah pada Tuhan kalau boleh jangan dulu pergi saat ini.” Dalam hati saya juga berdoa…tawar menawar dengan Tuhan. Puji Tuhan malam itu om kembali kuat…seminggu sesudahnya dia pergi untuk selama-lamanya.
Saudara-saudari… Ceritera Injil hari sungguh menggugah iman dan pikiran kita. Kepala rumah ibadat yang lagi alami situasi duka, lari kepada Tuhan dengan penuh harapan. Ia menyembah Yesus Kristus dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tanganMu atasnya, maka ia akan hidup.” Yesus mendengar permohonannya dan mengikuti dia. Permohonan seorang yang sungguh percaya dan menaruh harapan satu-satunya kepada Tuhan akan selalu didengar. Perempuan yang sudah meninggal itu pun hidup kembali. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.
Hal yang sama terjadi atas perempuan yang sudah 12 tahun lamanya menderita pendarahan. Ia sungguh percaya dan sangat menaruh harapan pada Yesus bahwa Dia bisa menyembuhkan sakitnya. Katanya: “Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh.” Maka terjadilah seperti apa yang diimaninya dan harapannya pun dipenuhi oleh Tuhan. Kuasa Tuhan bukan saja lewat kata-kata yang keluar dari mulutnya tetapi juga lewat kekuatan yang keluar dari tubuhnya. Satu peringatan untuk kita bahwa di saat kita memegang salib kristus dengan penuh iman dan harapan penuh pada-Nya maka kekuatan salib Kristus itu pun pasti akan menyembuhkan kita, atau di saat kita memakan Tubuh dan meminum Darah Kristus kita pun akan mendapat kekuatan dan kesembuhan.
Saudara-saudari… Bagi yang percaya dan sangat menaruh harapan besar pada Tuhan pasti mujizat akan terjadi pada dirinya. Sebaliknya mereka yang menertawakan dan menolak kehebatan dan kuasa Tuhan maka mujizat tidak akan terjadi ke atasnya. Orang-orang yang menertawakan Tuhan akan diusir karena dengan tahu dan mau menolak Allah dan tidak percaya akan kuasaNya.
Marilah saudara-saudari… Renungkanlah pesan Injil hari ini. Semoga kita selalu teguh dalam iman dan menaruh harapan penuh pada kuasa Tuhan. Karena bagi yang percaya, mujizat selalu akan terjadi dalam kehidupan kita dan harapan kita pun akan dipenuhi sesuai dengan kerinduan kita.
Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s