Percayalah Selalu Pada-Nya!

Siraman Rohani Senin 03 Juli 2017 Rm Fredy Jehadin SVD

Bacaan Injil : Yohanes 20: 24 – 29

Saudara-saudari…. Hari ini kita merayakan pesta St. Thomas. Dia dilahirkan di Galilea. Dia dikenal sebagai salah seorang dari keduabelas Rasul Yesus. Thomas yang disebut juga Didimus artinya kembar, adalah seorang nelayan pembantu. Ia tidak memiliki perahu sendiri seperti Petrus dan Andreas. Hidupnya hampir selalu serba kurang. Hal ini yang membuat dia bersikap selalu berhati-hati, pesimis dan cepat menyangka akan terjadi hal buruk atas dirinya. Meskipun demikian Thomas dikenal sebagai orang yang tidak mudah mempercayai sesuatu. Sikapnya itu sangat jelas dalam Injil hari ini. Sesudah kebangkitan Kristus, sewaktu para Rasul yang lain katakan kepadanya, “Kami telah melihat Tuhan!” spontan saja dia berkata: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya, dan sebelum aku mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.” Oleh karena sikapnya itu, di kalangan umat sering terdapat gambaran yang kurang baik tentang Thomas. Tetapi selain sikap yang disebutkan di atas, Thomas juga orang yang polos, terus terang dan tidak malu-malu menyatakan sesuatu. Sewaktu Perjamuan terakhir, Yesus berpamitan dengan para rasul, Thomas langsung bertanya: “Kami tidak tahu ke mana Engkau pergi, jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Karena pertanyaan-nya itu maka Yesus secara terbuka memberi penjelasan tentang diri-Nya: “Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Tak seorang pun datang kepada Bapa tanpa melalui Aku. Kalau kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal Bapa.” Kepolosan Thomas membuat Yesus semakin terbuka menjelaskan siapakah Dia sesungguhnya.
Sesudah Thomas bertemu Yesus yang bangkit, dan expresikan iman kepercayaannya kepada Yesus: “Ya Tuhan-ku dan Allah-ku” – sejak saat itulah kepercayaan-nya kepada Yesus Kristus tidak bisa diganggugugat lagi. Karena imannya yang kuat itu, ia berani tinggalkan wilayahnya dan pergi ke wilayah Misi – ke India – untuk mewartakan Yesus Kristus. Ia memberi diri seutuhnya kepada Kristus. Ia rela mati demi iman akan Kristus. Ia mati ditusuk tombak. Sampai sekarang banyak orang, baik India maupun dari luar India datang mengunjungi kuburnya di India, memohon doa dari St. Thomas.

Saudara-saudari….menjadi pengikut Kristus berarti senantiasa pergi keluar untuk membagikan Kabar Gembira kepada siapa pun. Kesaksian kita di zaman ini mesti dilakukan dengan gagah berani dan disertai pengetahuan yang kokoh atas ajaran iman kristiani. Sebelum kita keluar mewartakan Kristus, pertama-tama kita harus sungguh percaya akan Dia yang akan kita wartakan. Pengalaman pribadi dengan Dia yang kita imani akan sangat membantu kita dalam karya pewartaan kita.

Saya ingat seorang teman. Sewaktu ia diberhentikan dari lapangan pekerjaannya, ia memanfaatkan waktunya untuk berkunjung ke rumah-rumah. Kalau ada orang seiman dengan dia, ia langsung daftarkan dan kemudian atur waktu untuk berdoa bersama-sama. Ia selalu berdoa memohon tuntunan Tuhan dan selalu manfaatkan waktu untuk melayani Tuhan. Sesudah beberapa bulan, ia dipanggil oleh mantan Bosnya dan meminta dia untuk melamar di perusahan yang baru itu. Dia langsung diterima untuk bekerja di sana. Dia sungguh percaya bahwa dipanggil untuk bekerja di perusahan baru adalah hadiah Tuhan baginya. Sejak saat itu sampai sekarang (walaupun sudah pensiun), ia tetap aktif melayani Tuhan. Sungguh satu pengalaman iman, betapa hebat dan baiknya Tuhan. Dia tetap memperhatikan orang yang sungguh percaya kepada-Nya.
Marilah saudara-saudari… Percayalah selalu pada-Nya. Percaya kepada-Nya berarti serahkan diri seutuhnya kepada Tuhan dan biarkan Tuhan menguasai hidup kita. Apa pun situasi yang kita lalui atau hadapi, peganglah Dia. Dia yang adalah Tuhan yang mahakuasa pasti selalu menolong kita.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu menguatkan iman kita dan membaharui cinta dan harapan kita setiap hari.
Kita memohon St. Thomas dan Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s