Jadilah Pahlawan-Pahlawan Kristus!

Siraman Rohani Kamis 29 Juni 2017 Rm Fredy Jehadin SVD

Bacaan Injil : Matius 16: 13 – 19

Saudara-saudari….. Hari ini kita merayakan Petsa St. Petrus dan St. Paulus. Keduanya adalah Pahlawan Kristus dan selalu menjadi kebanggaan orang Kristen. Kepemimpinan mereka sangat luar biasa. Semangat kerasulan dari keduanya sungguh luar biasa. Ajaran mereka selalu menjadi inspirasi hidup orang kristen dari zaman ke zaman.
St. Petrus adalah kepala para rasul. Dari antara para rasul, dia adalah orang pertama yang mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Karena imannya yang sangat kokoh akan Kristus, maka Yesus Kristus memberinya kunci kerajaan surga. Petrus seorang yang sangat polos dan cepat bereaksi. Kadang dia jatuh, tetapi kejatuhannya tidak membuat dia jauh dari Tuhan. Ia selalu kembali kepada Tuhan dan memohon pengampunan Tuhan. Kita ingat bagaimana ia menyangkal Yesus tiga kali. Sadar akan kejatuhannya ia menangis dan memohon belaskasihan Tuhan. Ia kembali ke rumah dan tetap merangkul semua pengikut Yesus. Ia tetap menjaga kebenaran iman. Sesudah kebangkitan Kristus, dengan tulus ia ungkapkan perasaan kasih-nya akan Yesus Kristus sewaktu Yesus bertanya kepadanya: Apakah engkau mengasihi Aku? Tiga kali Yesus bertanya kepadanya: Apakah engkau mengasihi Aku, dan tiga kali juga ia menjawab kepada Yesus bahwa ia sangat mengasihi Yesus. Kasihnya akan Yesus bukan saja lewat kata-kata, tetap terlebih lewat perbuatannya. Ia menjalankan apa yang sudah diperintahkan Yesus kepadanya. Ia menjaga kebenaran iman; ia mengayomi para pengikut Kristus; ia meneruskan misi Kristus secara khusus ke tengah masayarakat Yahudi. Karena imannya akan Kristus, ia pun rela mati di salib dengan posisi terbalik, kaki ke atas, kepala ke bawa.

St. Paulus adalah seorang Farisi, murid Gamaliel yang sangat pandai itu. Paulus belajar hukun Taurat. Dia sangat taat pada hukum Taurat dan sangat fanatik akan agama-nya yaitu agama Yahudi. Karena ketaatannya pada hukum Taurat dan fanatiknya akan agama Yahudi, ia meminta izin pada Mahkama Agama untuk menganiaya para pengikut Yesus Kristus, yang banyak dari antaranya murtad dari agama Yahudi. Paulus menghendaki agar kelompok baru, yang mengakui Yesus Kristus itu adalah Mesias, harus dibubarkan atau dibinasakan. Tetapi rencananya dipatahkan oleh Tuhan sendiri. Dalam perjalanan ke Damsyik Paulus dijamah oleh Yesus. Paulus tidak bisa berbuat apa-apa. Ia pasrah pada kekuasaan Tuhan. Dia bertobat dan sejak saat itu ia menjadi Rasul Kristus. Ia mewartakan Kristus ke mana-mana tanpa kenal lelah, bahkan alami banyak penindasan, terapung dalam laut, terancam hukuman mati dan pada akhirnya lehernya dipenggal karena imannya akan Kristus.
Petrus dan Paulus sungguh pahlawan setia dan gagah dari Yesus Kristus. Hidup mereka sudah menjadi inspirasi untuk banyak orang. Kita memohon semoga mereka selalu mendoakan kita.

Saudara-saudari… Kalau kehidupan keduanya sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang termasuk kita, lalu apa yang akan kita buat demi kelangsungan hidup Gereja kita? Apakah sumbangan konkrit kita untuk Gereja Kristus? Apa yang harus kita buat agar semakin banyak orang tertarik kepada Yesus Kristus dan mengakui Kristus sebagai Tuhan dan Penyelamatnya?

Kita berdoa semoga semangat hidup St. Petrus dan St. Paulus selalu menjiwai semangat hidup kita sehingga kita selalu berani dan penuh semangat mewartakan kebenaran iman akan Kristus sehingga dengan demikian semakin banyak orang akan mengakui dan mengimani Dia. Marilah dan jadilah pahlwan-pahlawan Kristus yang setia dan gagah.

Kita memohon St.Petrus, St. Paulus dan Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s