Keallahan Yesus Kristus Sudah Ada Sebelum Segala Sesuatu Terjadi

Siraman Rohanni
Jumat 09 Juni 2017
Rm Fredy Jehadin SVD
Bacaan Injil: Markus 12: 35 -37
Saudara-saudari …. Hari ini Yesus mempertanyakan mengapa ahli-ahli Taurat mengatakan bahwa Mesias adalah anak Daud? Rupanya ahli Taurat salah menafsirkan apa yang dikatakan Raja Daud. Kalau kita kembali ke Injil Mateus di sana kita membaca silsilah nenek moyang Yesus. Sebagai manusia, Yesus mempunya asal usul. Dia dari keturunan Abraham, Daud dan Yoseph suami Maria. Tetapi keallahan Yesus bukanlah dari manusia. Ia adalah Kristus, Mesias yang sejak dari awal mula sudah berada bersama Allah. Jadi Raja Daud sewaktu diilahmi oleh Roh Kudus berkata: Tuhanku telah berfirman kepada Tuanku, duduklah di sebelah kananku, sampai musuh-musuh-Mu kutaruh di bawa kaki-Mu. Pernyataan Daud ini sesungguhnya ditujukan kepada Yesus Kristus. Yesus Kristus sudah diramalkan oleh Daud bahwa Yesus Kristus akan mengalahkan Setan. Hanya Tuhan saja yang bisa mengalahkan setan. Manusia dengan kekuatannya sendiri tidak bisa kalahkan Setan.
Injil hari ini mau katakan kepada kita, bahwa Yesus sebagai manusia, berasal dari keturunan Daud tetapi keallahan-Nya sudah ada sebelum segala ssuatu terjadi. Ia sudah ada bersama Bapa sebelum segala sesuatu terjadi. Yesus Kristus juga disebut Raja, tetapi bukanlah raja duniawi, tetapi Raja yang memimpin hati dan pikiran manusia dengan cinta kasih dan lemah lemah lembut. Ia bukanlah Raja yang menghendaki kekayaan dan kuasa duniawi, tetapi raja yang mempromosikan keadilan dan perdamaian dalam hati dan pikiran manusia. Ia datang ke dunia untuk membebaskan manusia dari kuasa setan dan dosa. Itulah Yesus Kristus, Raja kita.
Marilah saudara-saudari… Ikutilah apa yang sudah ditunjukkan Yesus kepada kita. Berusahalah selalu untuk memenangkan hati dan pikiran banyak orang dengan perbuatan amal dan promosikan cinta kasih dan perdamaian. Kesuksesan kita akan selalu membahagiakan hati banyak orang dan mendorong orang untuk bersikap rendah hati di hadapan orang lain.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu menggerakkan hati dan pikiran kita agar kita selalu dekat pada-Nya dan dengan demikian kita merasa leluasa ungkapkan isi hati kita kepada-Nya.
Kita menohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amin.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s