Hidup Kita Akan Berkelanjutan  

Siraman Rohani
Rabu 07 Juni 2017
Rm Fredy Jehadin SVD
Bacaan Injil: Markus 12:18 -27
Saudara – saudari … Pada zaman Yesus ada kelompok yang tidak percaya bahwa ada kebangkitan sesudah kematian. Mereka berpikir bahwa kebangkitan yang akan terjadi adalah kebangkitan bersama tulang dan darah seperti yang kita milik sekarang. Mendengar argumentasi mereka dengan menggunakan contoh seorang wanita yang kawin dengan 7 laki-laki, lalu siapa yang akan menjadi suaminya yang sah pada hari kebangkitan, Yesus berkata kepada mereka: “kamu sesat, justru karena kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah. Sebab apabila orang bangkit dari antara orang mati, orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.”
Malaikat bergerak bebas karena mereka tidak punya tulang dan darah tetapi hanya memiliki roh. Bagaimana persisnya tubuh kita sesudah kebangkitan, kita tidak tahu. Tetapi dalam iman akan Kristus yang bangkit, kita percaya bahwa hidup kita tidak melenyap, hanya berubah. Tubuh kita yang bangkit tidak serupa dengan tubuh duniawi ini lagi. Semua keadaan ketika bangkit tidak dapat dibandingkan dengan keadaan sekarang ini. Kita akan hidup untuk selama-lamanya bersama Kristus.
Yang menjadi bahan permenungan kita adalah bagaimanakah situasi yang akan dialami oleh roh sesudah terlepas dari tubuh kita? Apakah akan mengalami kebahagiaan atau kesengsaraan?
Jawabannya ada pada penjelasan Yesus sendiri tentang orang kaya dan Lazarus yang miskin. Kalau kita selalu murah hati, jalankan perintah Tuhan, melayani sesama selama hidup, maka jiwa kita pun akan alami kebahagian. Sebaliknya kalau kita ikuti cara hidup orang kaya yang tidak peduli dengan penderitaan orang lain yang ada di depan mata kita, maka jiwa kita pun akan alami kesengsaraan untuk selama-lamanya.
Marilah saudara- saudarai… Percayalah selalu bahwa kebangkitan itu sungguh terjadi. Menghidupkan dan mengamalkan nilai-nilai Injil selama hidup akan sangat bermanfaat bagi kehidupan jiwa kita.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu membimbing kita selama hidup ini agar kita selalu berjalan di jalan yang benar dengan demikian jiwa kita pun akan mengalami kebahagiaan abadi.
Kita mengajak Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amin
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s