Berilah kebebasan kepada Roh Kudus untuk bekerja dalam diri kita!

Siraman Rohani
Minggu Pentokosta 04 Juni 2017
Rm Fredy Jehadin SVD

Bacaan Injil : Yoh 20: 19-23
Saudara-saudari…. Pernahkah anda alami bagaimana Roh Kudus bekerja dalam diri kalian? Bagaimana perasaan anda waktu itu?
Seorang pemuda berumur 28 tahun masuk dalam kelompok karismatik. Sebelum bergabung dalam kelompok itu ia dikenal sebagai seorang pemalu dan suka diam. Tetapi sesudah mengikuti kegiatan karismatik ia tidak malu lagi untuk tampil di depan umum menyanyi dan berdoa. Saya sangat kagum melihat perkembangan kehidupan rohaninya. Kepribadiannya pun turut berubah. Dengan jujur dia mengaku bahwa Roh Kudus sudah mengubah kepribadiannya dan Roh Kuduslah yang menuntun dia waktu berdoa. Menurut pengalamannya, kunci utama agar Roh Kudus bisa bekerja dengan baik dalam diri-nya adalah percaya dan pasrah pada kehendak Roh Kudus. Kosongkan pikiran dan biarkan hati dan iman yang bekerja.
Saudara-saudari… Selama 30 tahun Yesus hidup bersama keluarga di Nasaret. Sesudah dipermandikan oleh Yohanes Pembaptis, Ia dipenuhi Roh Kudus. Dengan bimbingan Roh Kudus Ia memulai pewartaanNya selama tiga tahun sampai wafat di Kayu salib.
Lewat bacaan pertama hari ini, yang diambil dari Kis 2:1-11, kita mendengar bahwa ketika tiba hari Pentekosta, pada rasul dan murid Yesus berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah di mana mereka duduk; tampaklah kepada mereka lida-lida seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata2 dalam bahasa-bahasa lain. Sesudah dipermandikan oleh Roh Kudus, mereka alami kekuatan dan dengan berani keluar mewartakan Kabar Gembira.
Seperti Yesus yang dijamah oleh Roh Kudus sebelum memulai karya misiNya, demikian pun para Rasul dan muridNya, sesudah dipermandikan oleh Roh Kudus mereka memulai menjalankan tugas yang diperintahkan oleh Yesus Kristus.

Saudara-saudari.… Hadiah Pentekosta adalah Roh Kudus. Roh Kudus diberikan kepada semua orang yang percaya dan dipermandikan dalam nama Allah Tritunggal. Roh Kudus itulah yang memampukan semua orang yang percaya pada Yesus Kristus untuk mengikuti cara hidup baru – satu hidup penuh cinta kasih, damai, sukacita dan kebenaran. Roh Kudus memenuhi hati kita dengan cinta akan Allah; dan memberi kita kekuatan dan semangat agar bisa hidup sebagai orang yang beriman pada Yesus Kristus. Roh Kuduslah yang membantu kita dalam kelemahan kita, dan memampukan kita agar bisa berkembang dalam kebebasan rohani: bebas dari keraguan, ketakutan, bebas dari keinginan daging. Roh Kuduslah yang mengajar kita akan kebenaran Allah, dan menuntun kita agar hidup menurut kehendak Allah. Roh Kudus adalah sumber dan pemberi kesucian.
Lewat permandian kita sudah diberi Roh Kudus. Roh Kudus sudah menjamah hidup kita.

Pertanyaan untuk kita: Apakah kita selalu merasakan bahwa Roh Kudus selalu memberi kita kekuatan? Apakah kita selalu meminta Roh Kudus untuk menuntun kita dalam perjalanan dan pekerjaan harian kita? Kalau kita tidak merasakan Roh Kudus bekerja dalam diri kita, apa kira-kira penyebabnya? Apakah karena kekurangan kepercayaan? Apakah karena kita tidak pasrah secara total?

Marilah saudara-saudari… ikutilah kunci pengalaman iman dari pemuda dalam ceritera tadi yaitu percaya dan penyerahan total kepada kehendak Roh Kudus.

Kita berdoa, semoga Pesta hari ini turut membaharui iman, kepercayaan dan semangat kita dalam mewartakan Injil Kristus dan hati dan pikiran kita selalu terbuka pada kehendak Roh Kudus.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s