ROH KUDUS PEMBELA KITA

SABDA, Selasa, 23-5-2017
BACAAN
Kis 16:22-34 – “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus, dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”
Yoh 16:5-11 – “Jikalau Aku tidak pergi, penghibur tidak akan datang kepadamu”
RENUNGAN
1.Ay 5-7: Kesedihan murid-murid. Yesus mengawali dengan sebuah pertanyaan retorik yang membuat para murid sedih, karena mereka akan berpisah dari Yesus: “Sekarang Aku pergi kepada Dia yang  telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi?” Jelaslah bahwa bagi para murid, perpisahan dengan Yesus akan mengakibatkan penderitaan, karena harus menghadapi dunia tanpa Yesus. Dan Yesus mengatakan: “Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita.” Tetapi kalau Yesus tidak meninggalkan mereka, maka Paraclete (Roh Kudus, Advokat, Penghibur) tidak akan bisa bersama mereka; tetapi kalau Yesus mati dan kemudian kembali kepada Bapa, Ia akan mengirim Roh Kudus kepada mereka. Kepergian-Nya dan keterpisahan para murid dengan Yesus merupakan kondisi awal datangnya Roh Kudus: “Jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”
2.Ay 8-11: Yesus menjelaskan tugas Paraclete (Roh Kudus). Istilah “Paraclete” berarti “Advokat.” Ia sebagai pembantu. Ia hadir sebagai penuduh dan membawanya ke hadapan Allah. Yang tertuduh adalah dunia yang telah membuat Yesus sebagai pesakitan dan bersalah, yang membuat Dia harus dihukum: “Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman” (ay 8). Menginsafkan berarti juga:  membuat penyelidikan, menanyai, dan menguji. Dunia tidak akan lepas dari pengadilan-Nya.
3.Dunia sekarang ini, yang mengikuti jalan sekularisme, jelas-jelas tidak percaya akan jalan Yesus. Tidak ada kebersediaan dunia untuk membuka pikiran, apalagi hati, terhadap kehidupan yang diberikan oleh Yesus. Roh Kudus akan menunjukkan kebenaran tentang Yesus kepada dunia, bahwa Ia datang dari Allah; Ia adalah Sang Sabda yang datang ke dunia ini.
4.Dalam Roh Kudus, Allah bersama kita. Maka bangunlah dan waspadalah terhadap tipu daya dunia!
🇲🇨MS🇲🇨 www.berkat.id
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s