Barangsiapa Tinggal Di Dalam Aku, Ia Berbuah Banyak

Sabda Hidup 

Rabu, 17 Mei 2017

Pakah Baylon


Bacaan:

Kis. 15:1-6; Mzm. 12:1-2,3-4a,4b-5 BcO Why 21:1-8

Bacaan Injil: Yoh. 14:1-8

Yoh 15:1“Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Yoh 15:2Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Yoh 15:3Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Yoh 15:4Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Yoh 15:5Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yoh 15:6Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Yoh 15:7Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Yoh 15:8Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”



Siraman Rohani 
Rm Fredy Jehadin SVD
Saudara-saudari. … Kalau kita amati tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah atau kebun kita ada ranting atau daunnya hijau segar dan hidup, ada yang layu, kering dan mati. Mengapa ada yang segar,  hijau dan hidup karena di dalam rantingnya itu masih mengalir sari makanan yang hidup yang bisa menghidupkan rantungnya itu. Sari makanan itu datangnya dari akar batang pohon yang adalah sumber kehidupan untuk seluruh ranting.  Selama ranting- ranting atau daun daunnya mekekat pada pohon dan sari makanan dari akar batang pohon tetap mengalir di dalam ranting -rantingnya itu maka ranting dan daunnya tetap hidup.
Tetapi kalau di antara batang pohon dan ranting ada kerusakan atau pemblokiran maka sari makanan dari sumber hidup tidak bisa masuk ke dalam  ranting atau daun.
Jadi kunci kehidupan para ranting adalah sangat bergantung pada relasi yang baik antara sumber kehidupan dan ranting.  Selain itu, yang juga adalah  jalur tempat berlalunya sari makanan harus selalu terbuka karena kalau tidak maka sari makanan tidak akan  masuk pada sasarannya.
Hari ini Yesus Kristus dengan tegas katakan kepada para murid-Nya:  “Barangsiapa tinggal di dalam Aku, ia akan menghasilkan buah banyak.”
Kristus adalah sumber hidup kita. Barangsiapa selalu menyatu dan menjalin relasi yang baik dengan Tuhan, dia akan tetap hidup dan menghasilkan buah banyak. Tuhan mengharapkan agar saluran tempat lewatnya Sari kehidupan – Nya tetap terbuka sehingga kita tetap memperoleh hidup dan menghasilkan buah yang banyak.
Marilah saudara-saudari. .. tinggallah bersama Kristus dan ciptakanlah selalu relasi yang baik dengan – Nya. Kalau ada hal-hal yang menghalangi Sari kehidupan Kristus masuk ke dalam hidup kita, segeralah membersihkannya agar Sari Kehidupan Kristus itu selalu tetap mengalir masuk ke dalam hidup kita.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu menyadarkan kita untuk selalu mencek jaringan relasi kita dengan Tuhan agar kita selalu dan tetap hidup bersama-Nya.
Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s