Damai Yang Diberikan Kristus Sungguh Menyejukkan

Sabda Hidup, Selasa 16 Mei 2017

Gemma Galgani, Alosius Orione, Alipis dan Possidius, Simon Stock, Margaretha dari Cortona, Andreas Babola, warna liturgi Putih


Bacaan:

Kis. 14:19-28; Mzm. 145:10-11,12-13ab,21; BcO Why 20:1-15

Bacaan InjilYoh. 14:27-31a

Yoh 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Yoh 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

Yoh 14:29 Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi.

Yoh 14:30 Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

Yoh 14:31 Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini.”


Siraman Rohani
Rm Fredy Jehadin SVD
Saudara-saudari. … Dalam amanat perpisahan – Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Damai sejahtera kutinggalkan bagimu. “
Apa yang mendorong Yesus untuk memberikan Damai Sejahtera kepada para murid-Nya?  Yesus sesungguhnya sadar bahwa para murid-Nya sangat gelisah dan gentar karena mereka merasa bahwa mereka akan ditinggalkan – Nya. Karena itu Yesus memberi mereka Damai sejahtera.
Damai yang diberikan  oleh Yesus Kristus sesungguhnya sangat berbeda dengan damai yang diartikan oleh kebanyakan orang.
Banyak orang mengartikan damai adalah ketiadaan perang,  ketiadaan konflik atau ketiadaan kekerasaan. Tetapi sesungguhnya kedamaian itu melampau hal -hal itu.
Orang akan tetap merasa tidak nyaman kalau ada pergulatan bathin,  kecemasan,  ketakutan karena ada gangguan pikiran,  gangguan psikologis dan spiritual. Semua gangguan ini akan sangat mengganggu ketenangan bathin. Orang kehilangan rasa damai dalam dirinya.  Yesus Kristus tahu bahwa hanya Tuhan yang bisa memberi seseorang kedamaian. Kedamaian yang diberikan Yesus itu sungguh sangat membantu seseorang untuk bisa  berkonsentrasi,  merasa nyaman dan tenang menghadapi situasi apa saja. Itulah keunikan Damai Sejahtera yang diberikan Yesus Kristus.
Apakah saudara-saudari sudah mengalami Kedamaian yang diberikan Yesus Kristus?
Saya pernah dikepung oleh 11 perampok. Selama dikepung tidak merasa takut sedikitpun.  Saya masih berpikir dengan sangat baik. Saya percaya bahwa Tuhan sendiri yang memberi saya kekuatan dan kedamaian dalam hati dan pikiran – ku pada saat itu. Itulah Damai Sejahtera yang Tuhan hadiahkan kepadaku saat itu.
Apa yang Tuhan janjikan akan selalu menjadi kenyataan bagi yang percaya.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu memberi kita Damai Sejahtera.
Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s