Tuhan Menyiapkan Tempat Bagi Kita Masing-Masing

Sabda Hidup, Minggu 14 Mei 2016
HARI MINGGU PASKAH V, warna liturgi Putih

Bacaan:

Kis. 6:1-7; Mzm. 33:1-2,4-5,18-19; 1Ptr. 2:4-9;
BcO Why 18:21-19:10



Bacaan InjilYoh. 14:1-12

Yoh 14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Yoh 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Yoh 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Yoh 14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

Yoh 14:5 Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yoh 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

Yoh 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

Yoh 14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Yoh 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Yoh 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;


Siraman Rohani:
Rm Fredy Jehadin SVD
Saudara-saudari. .. Seorang Bruder tua berumur 85 tahun sejak bulan Februari tahun ini sudah tidak punya gairah makan. Dia lebih banyak minum air. Kedua kakinya membengkak. Sewaktu diminta untuk bertemu dokter, dengan tegas ia katakan tidak. Dia sama sekali tidak membutuhkan dokter. Dia hanya serahkan hidupnya pada Tuhan. Dia tidak mengeluh sedikit pun.  Sewaktu berpisah dengan seorang pastor tua, dia katakan kepada pastor itu: “Sampai jumpa di sebelah. Sebentar lagi kita bertemu di sana. ” Sewaktu berita kematian pastor tua itu didengarnya, dengan spontan dia berkata: “Terpujilah Tuhan,  dia sudah bahagia bersama para kudus.” Sampai saat ini dia masih hidup dan tetap berdoa menantikan kedatangan Kristus.  Dia sungguh yakin bahwa waktu kepergiannya tidak lama lagi dan dia dgn penuh sukacita menantikan waktu itu.
Saudara-saudari. .. Hari ini Yesus Kristus mengingatkan kita bahwa Dia pergi mendahului kita ke Surga.  Tujuan kepergian-Nya adalah menyiapkan tempat bagi kita masing-masing.
Hari ini Dia berkata kepada para murid-Nya: “Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat – Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
Sungguh satu berita gembira bagi kita para pengikut Kristus. Sebagai murid Kristus sudah seharusnya kita berbahagia dan bersyukur kepada Tuhan. Tuhan sendiri yang menyiapkan tempat bagi kita.  Kita bersyukur karena sesudah kehidupan kita di dunia ini berakhir, kita masih diberi tempat baru untuk meneruskan kehidupan kita bersama Tuhan di tempat yang baru, di mana tidak ada dukacita dan penderitaan lagi.
Tuhan sungguh baik bagi kita para murid-Nya.
Pertanyaan untuk kita : Apakah rumah kediaman baru itu akan kita dapat secara otomatis? Apakah ada persyaratan untuk bisa memperoleh tempat kediaman baru itu?
Pasti ada persyaratan.  Persyaratannya  adalah Jadilah murid Kristus yg setia dan bertanggungjawab.  Setia menjalankan tugas yang sudah diberikan-Nya dan teguh dalam iman akan Yesus Kristus.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu menguatkan iman kita dan selalu memampukan kita untuk menjalankan tugas yang sudah dipercayakan-Nya kepada kita.
Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita.  Amen.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s