Kehidupan & Pergerakan dengan Kaki Bersih

Sabda Hidup
Kamis, 13 April 2017 | KAMIS PUTIH
warna liturgi Pagi:Ungu,Sore:Putih

Bacaan:
Pagi : Yes. 61:1-3a,6a,8b-9; Mzm. 89:21-22,25,27; Why. 1:5-8; Luk. 4:16-21. BcO Yer. 20:7-18.
Sore : Kel. 12:1-8,11-14; Mzm. 116:12-13,15-16bc,17-18; 1Kor. 11:23-26; Yoh. 13:1-15

Bacaan Injil: Yoh 13:1-15


Yoh 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
Yoh 13:2 Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Yoh 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Yoh 13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Yoh 13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Yoh 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: “Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?”
Yoh 13:7 Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak.”
Yoh 13:8 Kata Petrus kepada-Nya: “Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya.” Jawab Yesus: “Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku.”
Yoh 13:9 Kata Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!”
Yoh 13:10 Kata Yesus kepadanya: “Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua.”
Yoh 13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: “Tidak semua kamu bersih.”
Yoh 13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu?
Yoh 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Yoh 13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
Yoh 13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Renungan
Kaki adalah penopang tubuh manusia kala berpijak, berdiri, berjalan dan berlari. Kaki mempertemukan diri manusia dengan bumi pijakannya. Kala seseorang lelah ia pun merendam kakinya di air hangat dicampur garam. Kaki pula bagian tubuh pertama kala seseorang dipijat.

Ada banyak tugas yang ditanggung oleh kaki dalam hidup manusia. Yesus pun memilih kaki sebagai bagian tubuh para murid yang hendak dibasuh. Kiranya ini bisa menjadi tanda bahwa Yesus mengambil titik terendah penopang hidup dam pergerakan manusia. Ia melayani sampai pada titik dasar perjumpaan manusia dengan bumi. Ia juga membersihkan membersikan penyangga pergerakan manusia.

Kamis Putih ini menjadi kesempatan bagi kita untuk semakin meyakini kasih Tuhan. Tuhan mengasihi kita dari titik dasar hidup kita. Ia pun menjagai kita dengan membersihkan penopang gerakan hidup kita. Maka mari kita syukuri kasih Tuhan bagi hidup kita. Kita lakukan kehidupan dan pergerakannya dengan kaki bersih.

 

Kontemplasi
Bayangkan kisah dalam Injil Yoh 13:1-15.

Refleksi
Bagaimana bergerak dengan bersih?

Doa
Tuhan terima kasih atas kasih-Mu. Semoga aku mampu menjaga kebersihan hidup anugerah-Mu. Amin.

Perutusan
Aku akan selalu menjaga kasih Tuhan dengan hidup bersih.

 

-nasp-

Penulis: RD. Noegroho Agoeng

Sumber: JamesPrunch.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s