Menegaskan Kepercayaan kepada Tuhan

Sabda Hidup

Rabu, 29 Maret 2017 | Hari biasa Pekan IV Prapaskah
warna liturgi Ungu

Bacaan:
Yes. 49:8-15; Mzm. 145:8-9,13cd-14,17-18; Yoh. 5:17-30
BcO Ibr 9:1-14

Bacaan Injil: Yo 5:17-30


Yoh 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.”
Yoh 5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.
Yoh 5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
Yoh 5:20 Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.
Yoh 5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.
Yoh 5:22 Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,
Yoh 5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.
Yoh 5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.
Yoh 5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
Yoh 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Yoh 5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.
Yoh 5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Yoh 5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
Yoh 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

Renungan
Yesus menegaskan siapa diri-Nya dengan meyebut Allah sebagai Bapa. Ia sebagai Anak menghadirkan kekuasaan Bapa atas umat manusia. Barangsiapa mendengar-Nya akan memperoleh keselamatan. Pernyataan diri ini menguatkan orang Yahudi untuk menyingkirkan-Nya. Mereka menganggap Yesus menghujat Allah.

Bagi kita yang percaya, pernyataan Yesus ini melegakan hati. Pernyataan itu memberikan jaminan akan keselamatan yang diharapkan setiap manusia. Penyerahan diri dan kepercayaan pada-Nya membuka lebar pintu keselamatan Tuhan.

Di masa prapaskah ini marilah kita menegaskan kepercayaan kita pada Tuhan. Langkah laku pantang dan puasa kita menjadi jalan untuk memurnikan dan membersihkan diri kita dari segala dosa. Kita yakinkan diri kita bahwa Allah adalah pengasih. Ia Sang Keselamatan yang tak menginginkan satu pun anak-Nya tersesat.

Kontemplasi
Pejamkan matamu. Bayangkan dirimu bertemu dengan Tuhan Yesus.  Dengarkan sabda-Nya.

Refleksi
Bagaimana membangun kepasrahan pada karya keselamatan Tuhan?

Doa
Tuhan, aku percaya Engkau mencintaiku. Engkau tak akan membiarkan aku tersesat. Selamatkanlah aku. Amin.

Perutusan
Aku berserah pada karya penyelamatan Tuhan.

-nasp-

Penulis: RD. Noegroho Agoeng

Sumber: wallarthd.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s