Bersyukur & Mendoakan Insan Baik di sekitar Kita

Sabda Hidup

Kamis, 23 Februari 2017 | Polikarpus

warna liturgi Merah

 

Bacaan

Sir. 5:1-8; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Mrk. 9:41-50. BcO 1Kor 12:12-31

 

Bacaan Injil: Mrk. 9:41-50.

41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.” 42 “Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 43 Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan; 44  (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.) 45 Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka; 46 (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.) 47 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka, 48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam. 49 Karena setiap orang akan digarami dengan api. 50 Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain.”

 

Renungan

Kemarin kami mencari lokasi shooting film. Kami datang ke tiga rumah. Rumah pertama tidak berkenan karena merasa rumahnya kotor dan jelek. Ia malu. Rumah kedua dan ketiga menerima dengan baik. Kebetulan 3 rumah ini pemiliknya bukan orang katolik. Keramahan dan penerimaan mereka menjadi berkat tersendiri bagi mereka.

Keyakinanku itu diteguhkan dengan bacaan hari ini. Yesus mengatakan, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya” (Mrk 9:41). Yesus sendiri yang akan memberikan upah kepada mereka yang memberikan secangkir air kepada murid-Nya.

Rasanya kita layak bersyukur karena banyak orang baik di sekitar kita. Kita layak memanjatkan syukur itu dengan mendoakan mereka. Kita percaya Tuhan akan memberikan berkat kepada mereka yang telah berbuat baik bagi kita. Tuhan berkenan kepada mereka.

 

Kontemplasi

Pejamkan matamu. Bayangkan orang-orang yang telah memberikan “secangkir air” padamu. Doakan mereka.

Refleksi

Apa arti kebaikan orang lain bagimu?

Doa

Tuhan sudilah Engkau memberkati mereka yang telah berbuat baik bagi kami. Limpahilah mereka dengan kesejahteraan. Amin.

Perutusan

Aku akan mendoakan mereka yang telah memberikan secangkir air padaku.

 

-nasp-

Penulis: RD. Noegroho Agoeng | Imam Diosesan & Ketua Komsos KAM

Sumber: Goodnet.org
Sumber: Goodnet.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s