Berdoa Bagi Saudara-Saudari yang telah Wafat

Berdoa Bagi Saudara-Saudari yang telah Wafat

 

Sabda Hidup | Rabu, 02 November 2016

PERINGATAN MULIA ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN

warna liturgi Ungu/Hitam

 

Bacaan

2Mak. 12:43-46; Mzm. 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8; 1Kor. 15:12-34; Yoh. 6:37-40. BcO Yer. 29:1-14

Bacaan Injil: Yoh. 6:37-40.

37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. 38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. 39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. 40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

 

Renungan:

Pada saat akan mengalami kematian seseorang bisa saja merasakan jalan yang hendak dilewati terasa gelap. Ia tidak bisa melihat arah dengan baik di kegelapan tersebut. Pada masa seperti itu orang butuh penuntun yang menolongnya untuk menemukan cahaya. Doa-doa orang di sekitarnya akan membantunya. Demikian juga bisa dialami oleh mereka yang telah meninggal. Mereka juga membutuhkan tuntunan dan pertolongan dengan doa-doa kita.

Doa-doa apa yang bisa kita lambungkan? Ada banyak doa yang bisa kita lambungkan. Namun rasanya kita mesti datang kepada Tuhan Yesus dan memohon kemurahan hati-Nya. Setiap orang yang datang kepada-Nya tidak akan ditolak. “Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang” (Yoh 6:37).

Hari ini menjadi kesempatan bagi kita untuk berdoa bagi saudara-saudari kita yang telah meninggal. Kita percayakan mereka ke hadapan Tuhan yang tak pernah membuang mereka yang datang kepada-Nya. Kita pun percaya Tuhan akan membebaskan semua orang dari kegelapan menuju jalan terang-Nya.

 

Kontemplasi:

Pejamkan matamu sejenak. Hadirkan wajah saudara-saudarimu yang telah meninggal. Doakanlah mereka.

Refleksi:

Tulislah nama-nama saudaramu yang telah meninggal dan doakanlah mereka.

Doa:

Tuhan ampunilah dosa saudara-saudariku yang telah meninggal. Perkenankan mereka masuk dalam rengkuhan komunitas suci-Mu. Amin.

Perutusan:

Aku akan mendoakan saudara-saudariku yang telah meninggal dunia.

 

-nasp-

 

Source: www.catholiccompany.com
Source: http://www.catholiccompany.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s