Mendengar dan Memelihara Firman Allah

Sabtu, 8 Oktober 2016 | Hari Biasa

Mendengar dan Memelihara Firman Allah

Bacaan

Gal. 3:22-29; Mzm. 105:2-3,4-5,6-7

 

Injil: Luk. 11:27-28

Luk 11:27             Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: “Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.”

Luk 11:28             Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

 

Permenungan

Seorang anak berencana membuat senang ayahnya. Dia mengetahui bahwa ayahnya sangat bangga akan sepeda motor antik yang baru dibeli keluarga mereka. Menurutnya, sang ayah tentu terkesima jika mendapati anak terkasihnya mencuci sepeda motor tersebut sampai bersih. Karena masih kecil, tentu saja dia tak tahu salah menggunakan bros plastik keras untuk mencuci body sepeda motor tersebut.

Ketika pulang dari tempat bekerja, si ayah sungguh terkejut mendapati body sepeda motor antiknya telah tergores-gores. Ia pun marah dan menanyakan pada seisi rumah, siapa yang berani merusak badan sepeda motor itu. Dengan takut-takut si anak mengaku melakukannya, dan berkata sebenarnya dia hendak membuat si ayah senang. Namun tak menyangka bakal membuat kerusakan separah itu.

Si ayah tertegun sejenak mendengar pengakuan tersebut, lalu perlahan memeluk putra terkasihnya. Dia berkata, tidak mengapa bahwa sepeda motor tersebut rusak separah apa pun. Asalkan dapat selalu memperoleh niat kasih anaknya sepanjang hidup.

Sahabat Renkat, dalam permenungan Injil hari ini Yesus bersabda bahwa kebahagiaan sejati bersumber dari sikap mendengarkan dan memelihara firman Allah dalam hati dan hidup kita. Yesus mencela para Ahli Taurat dan bangsa Israel yang mengetahui hukum Allah, namun tidak menerapkannya dengan tulus.

Niat tulus untuk menyenangkan Allah, sebagaimana si anak dalam cerita tadi, selayaknya selalu hidup dan tumbuh dalam diri kita. Dengan demikian akan tergenapi sabda dan janji Yesus tersebut bahwa kita turut memperoleh warisan kebahagiaan sejati.

Pujilah Tuhan selalu!

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Foto: Ananta Bangun
Foto: Ananta Bangun

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s