Putra Allah juga Berdoa

Rabu, 5 Oktober 2016 | Hari Biasa

Putra Allah juga Berdoa

Renungan-Katolik.com – Selamat pagi sahabat Renkat! Bila kepada kita ditanyakan: Kapankah pengalaman paling mendebarkan selama ini? Bagi saya sendiri, itu adalah ketika hendak menghadapi sidang skripsi. Perasaan berdebar, kikuk dan bingung beraduk menjadi satu dalam tubuh dan fikiran saya.

Saya kemudian mengadukan kegelisahan ini kepada mamak (ibu) saya. Dia lalu bercerita: “Satu masa, dua petani berdoa kepada Tuhan, untuk memohon hujan membasahi ladangnya. Dari keduanya, cuma satu petani yang mempersiapkan ladangnya. Siapakah menurutmu yang mendapat jawaban atas doa tersebut?.” Saya menjawab: “Tentu yang mempersiapkan ladangnya.”

“Nah, anakku. Kamu sendiri belum mempersiapkan dirimu dan juga belum berdoa memohon berkat Tuhan. Kamu bahkan belum melakukan satu hal pun seperti cerita kedua petani tadi.”

Nasihat mamak membuatku tenang. Sehingga kembali bersemangat membuat strategi presentasi dan khusyuk berdoa. Persiapan membuat saya percaya diri menghadapi sidang skripsi, dan memperoleh nilai memuaskan.

Dalam renungan hari ini, kita tersentuh mendapati Putra Allah juga berdoa. Patut lah kita bersyukur bahwa para murid memohon ajaran doa dari Yesus, dan diwariskan hingga kini kepada kita sebagai “Doa Bapa Kami.’

Teladan doa dari Yesus mengajarkan bahwa menjalin hubungan erat dengan Allah dapat berlangsung dalam doa. Sebagaimana Yesus juga bersabda (Matius 18:20): “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Terima kasih, Tuhan Yesus. Atas ajaran dan teladan-Mu kami berani dan layak berdoa. Amin.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan Pertama : Gal. 2:1-2,7-14

Gal 2:1  Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem dengan Barnabas dan Tituspun kubawa juga.

Gal 2:2  Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi?dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang?,supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.

Gal 2:7  Tetapi sebaliknya, setelah mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan pemberitaan Injil untuk orang-orang tak bersunat, sama seperti kepada Petrus untuk orang-orang bersunat

Gal 2:8  karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku untuk orang-orang yang tidak bersunat.

Gal 2:9  Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;

Gal 2:10                hanya kami harus tetap mengingat orang-orang miskin dan memang itulah yang sungguh-sungguh kuusahakan melakukannya.

Gal 2:11                Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.

Gal 2:12                Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.

Gal 2:13                Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.

Gal 2:14                Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: “Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?”

 

Mazmur:  Mzm. 117:1,2

 

Bacaan Injil : Luk. 11:1-4

Luk 11:1                Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.”

Luk 11:2                Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.

Luk 11:3                Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya

Luk 11:4                dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

source: www.pinterest.com
source: http://www.pinterest.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s