Menguatkan Relasi dengan Allah

Selasa, 4 Oktober 2016 | Perayaan Wajib St. Fransiskus dr Asisi

Menguatkan Relasi dengan Allah

Renungan-Katolik.com – Selamat pagi sahabat Renkat! Terima kasih telah berkenan turut menikmati saat teduh dalam bacaan Injil hari ini. Sabda hari ini, mengetengahkan dua perempuan yang dekat dalam perjalanan pewartaan Yesus: Marta dan Maria.

Marta secara sepintas menggambarkan pribadi yang tak lepas dengan kesibukan melayani kebutuhan Yesus dan murid-murid-Nya. Sebaliknya, Maria memilih diam mendengarkan ajaran Tuhan.

Pribadi kedua sosok ini mencerminkan hidup kita sehari-hari. Tuntutan dan keinginan duniawi tak berbatas mendorong hati dan tubuh tenggelam dalam kesibukan. Namun ada juga insan yang memilih mendengarkan ajaran Tuhan, ataupun larut menjalin relasi dengan Allah melalui doa.

Sejatinya kedua pribadi ini dijalankan secara seimbang. Dan tentu saat berelasi dengan Allah juga masa yang istimewa. Sebagaimana dikatakan Yesus sendiri kepada Marta: “… engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Pujilah Tuhan selalu!

 

Sumber Permenungan:

Bacaan Pertama: Gal. 1:13-24

Gal 1:13                Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah dan berusaha membinasakannya.

Gal 1:14                Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.

Gal 1:15                Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,

Gal 1:16                berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;

Gal 1:17                juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.

Gal 1:18                Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya.

Gal 1:19                Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.

Gal 1:20                Di hadapan Allah kutegaskan: apa yang kutuliskan kepadamu ini benar, aku tidak berdusta.

Gal 1:21                Kemudian aku pergi ke daerah-daerah Siria dan Kilikia.

Gal 1:22                Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus di Yudea.

Gal 1:23                Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman, yang pernah hendak dibinasakannya.

Gal 1:24                Dan mereka memuliakan Allah karena aku.

 

Mazmur:  Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15

 

Bacaan Injil:  Luk. 10:38-42

Luk 10:38             Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya.

Luk 10:39             Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,

Luk 10:40             sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.”

Luk 10:41             Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,

Luk 10:42             tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Source: www.theodysseyonline.com
Source: http://www.theodysseyonline.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s