Menemukan Sukacita Allah

Menemukan Sukacita Allah

 

Selasa, 4 Oktober 2016

Perayaan Wajib St. Fransiskus dari Asisi

Bacaan Pertama = Gal 1:13-24 | Mazmur 139: 1-3. 13-14b. 14c-15 | Bacaan Injil = Luk 10 : 38-42

Renungan :

Injil hari ini begitu erat hubungannya dengan panggilan hidup serta terpilihnya Santo Fransiskus dari Asisi sebagai pewarta Allah. Melihat kembali sejarah hidup Santo Fransiskus, kita akan menemukan apa yang disebut Allah dalam kitab Lukas “Duc In Altum”.

Santo Fransiskus adalah seorang anak Saudagar Kaya yang meninggalkan segala yang dia punya demi mengikut Tuhan Allah. Mengajarkan semangat Fransiskan kepada orang banyak. Baginya hidup mengikut Allah adalah sukacita, seperti pertama kali Santo Fransiskus memeluk orang kusta. Pada diri orang kusta itu, Santo Fransiskus merasakan perjumpaan dengan Allah.

Pada masa itu orang kusta dianggap adalah orang yang tidak layak untuk dilihat. Berbeda dengan Santo Fransiskus, dia menemukan sukacita Allah pada orang kusta itu. Seperti itulah Tuhan Allah menentukan hal panggilan dan dipilih, Tuhan Allah tidak pernah melihat masa lalu atau latar belakang setiap pribadi. Baik si kaya atau si miskin semua sama di hadapan-Nya.

Bacaan Injil juga membawa kita untuk merefleksikan diri ketika Marta mengeluh perihal yang dia kerjakan kepada Yesus tetapi Tuhan menjawabnya “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

 

Kontemplasi :

Melihat lebih jauh perjalanan hidupmu, ketika kamu dipanggil untuk melayani dan kamu melakukannya dengan sukacita berbahagialah bersama-Nya.

Refleksi :

Bagaimana jika kamu dipanggil untuk melayani lalu dipilih?

Doa :

Ya Bapa, perbaharuilah selalu semangat hidupku akan Engkau. Hingga Iman dan Cinta Kasih ku bertumbuh bersama penyertaan-Mu. Amin

Perutusan :

Bahagialah engkau yang dipanggil dan pilih oleh Allah untuk mewartakan sabda-Nya.

 

Source: Youtube.com
Source: Youtube.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s