Mengenal Malaikat Utusan Utama Allah

Kamis, 29 September 2016 | Pesta St. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung

Mengenal Malaikat Utusan Utama Allah

Renungan-Katolik.com – Gereja menyakini dan mengajarkan bahwa ada nama tiga Malaikat yang adalah utusan utama Allah, yaitu St Mikhael, St Rafael, dan St Gabriel. Mereka disebut Malaikat Agung, karena peran penting mereka dalam rencana Allah. St Mikhael, yang berarti, “siapa yang seperti Allah”, memimpin bala tentara malaikat yang mencampakkan setan dan para malaikat yang memberontak ke dalam neraka. Oleh karena itu juga Gereja meyakini bahwa St Mikhael akan menolong kita untuk mengusir setan dan roh-roh jahat.

St Gabriel, yang berarti, “kekuatan Allah” . Dialah yang diutus Tuhan untuk menyampaikan kabar suka cita kepada Santa Perawan Maria bahwa ia telah dipilih menjadi Bunda Sang Juruselamat (bdk Luk 1:26-38). Dari peranan malaekat Gabriel, kita tahu bahwa Gabriel menjadi utusan Allah untuk menyampaikan kepada manusia berita keselamatan dari Allah. Ia memberi penerangan ilahi kepada manusia sehingga terbukalah budi dan hati manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah

St Rafael, yang namanya berarti “kesembuhan dari Allah”, menyembuhkan mata Tobit yang buta (bdk Tobit 5). Umat Kristen menghormati malaekat Rafael sebagai tabib yang diutus Allah untuk menyembuhkan manusia dari penyakit dan menguatkan kelemahan jiwanya serta membebaskan manusia dari perhambaan setan.

Ketiga utusan Tuhan, para Malaikat Agung ini mempunyai tugas perutusannya masing-masing untuk membimbing umat manusia kepada keselamatan. Maka marilah dalam doa-doa dan aktivitas harian, sepatutnyalah kita mengingat para utusan Allah, para Malaikat Agung ini yang oleh karena kasih-Nya melindungi hidup kita dari malapetaka dan membimbing kita di jalan keselamatan.

Ditulis oleh: RD. EDY PRASETYA | Imam diosesan (praja) Keuskupan Agung Palembang (KAP).

Disadur dari : http://www.mirifica.net/2014/09/28/pesta-para-malaikat-agung-yoh-147-51-29-september-2014/

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I :Dan. 7:9-10,13-14
Dan 7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

Dan 7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.

Dan 7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.

Dan 7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Mazmur : ; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5

Bacaan Injil : Yoh. 1:47-51
Yoh 1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Yoh 1:48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

Yoh 1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Yoh 1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

Yoh 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

 

Sumber Pustaka : ImanKatolik.or.id |Mirifica.net

Sumber: en.wikipedia.org
Sumber: en.wikipedia.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s