Hanya Orang Miskin Masuk Surga?

Minggu, 25 September 2016 | Hari Minggu Biasa XXVI

Hanya Orang Miskin Masuk Surga?

Renungan-Katolik.com – Selamat pagi sahabat Renungan Katolik yang terkasih. Kasih Tuhan kita Yesus Kristus melingkupi kita sepanjang hari ini.

Perenungan hari ini dari perumpamaan Orang kaya dan Lazarus yang miskin.

Pada saat saya dulu masih Asmika, setiap kali saya dengar kisah di dibacakan oleh Guru sekolah Minggu, saya selalu menyimpulkan bahwa orang kaya itu sombong semuanya. Dan tidak ada orang kaya yang masuk surga. Hanya orang miskin yang akan masuk surga.

Saya dari keluarga yang bisa dikatakan keluarga miskin harta. Saya dengan iman kanak-kanak mamak saya saat itu meyakini penuh jika kami sekeluarga akan masuk surga.

Namun setelah dewasa, kita diberikan pemahaman yang lebih benar tentang cerita Yesus ini. Kekayaan tidak akan membawa manusia jatuh kedalam siksaan kekal. Namun hidup yang tidak benar dihadapan Allah lah yang akan membawa kita masuk kedalam siksaan kekal.

Dan bukan karena miskin harta bisa membawa kita masuk kerajaan sorga. Namun kekayaan hati dan hidup penuh di dalam Tuhanlah yang akan membawa kita kedalam hidup yang kekal. Menjadi orang kaya tidak salah. Namun kaya harta namun miskin kasih lah yang Tuhan tidak sukai. Hidup miskin pun tidak akan Tuhan sukai, jika hidup hanya menunggu tanpa berjuang untuk kehidupan yang lebih sejahtera. Tentunya dengan mengandalkan kasih karunia Tuhan. Mari kita tetap berjuang untuk hidup sejahtera di dunia, dan lebih berjuang lagi mengumpulkan harta di sorga. Karena hanya ada satu kali kesempatan.
Salam.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan Pertama: Am 6:1a,4-7

Am 6:1  “Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang!

Am 6:4  yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun;

Am 6:5  yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya;

Am 6:6  yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf!

Am 6:7  Sebab itu sekarang, mereka akan pergi sebagai orang buangan di kepala barisan, dan berlalulah keriuhan pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu.”

 

Mazmur:  Mzm. 146:7,8-9a,9bc-10

 

Bacaan Kedua:  1Tim. 6:11-16

Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.

1Tim 6:12             Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

1Tim 6:13             Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu:

1Tim 6:14             Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya,

1Tim 6:15             yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.

1Tim 6:16             Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

 

Bacaan Injji:  Luk. 16:19-31

“Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.

Luk 16:20             Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu,

Luk 16:21             dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.

Luk 16:22             Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.

Luk 16:23             Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Luk 16:24             Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.

Luk 16:25             Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.

Luk 16:26             Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.

Luk 16:27             Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku,

Luk 16:28             sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini.

Luk 16:29             Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.

Luk 16:30             Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.

Luk 16:31             Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Source: http://www.truth.info/
Source: http://www.truth.info/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s