Duc in Altum, Bertolak ke Tempat yang Lebih Dalam

Kamis, 1 September 2016 | Hari Biasa

Duc in Altum, Bertolak ke Tempat yang Lebih Dalam

Renungan-Katolik.com – Selamat pagi, Sahabat RenKat! Pernahkah kita mengingat berada dalam titik nadir kehidupan? Kegagalan, sedih dan kecewa seperti berbaur laiknya godam yang memalu tubuh.

Simon, yang kelak disebut Petrus, mengalami keadaan tersebut pada kali pertama pertemuan dengan Yesus. Sebagai nelayan, pulang hampa tanpa seekor ikan adalah hal memalukan.

Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Demikian Yesus bersabda kepada Simon. Sesungguhnya dalam keadaan galau seperti itu godaan untuk mengabaikan sabda Allah sungguh besar. Namun dengan iman-nya, Simon menuruti Yesus, dan hasilnya dia hampir terjungkal oleh ikan hasil tangkapan.

Sungguh besar belas kasih dan indah rencana-Nya bagi kita. Dan luar biasa refleksi iman Simon yang tidak terbuai oleh hasil duniawi. Dengan segera dia tersungkur dan berkata: “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.”

Bukankah Yesus datang untuk orang berdosa? Lebih dari itu, Dia telah merencanakan agar Simon Petrus menjadi Rasul yang mewartakan sabda-Nya bagi banyak manusia. “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.

Puji Tuhan. Semoga Allah bermurah hati mencurahkan rahmat-Nya bagi kita. Amin

Sumber Permenungan:

Bacaan I: 1Kor. 3:18-23

Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat.

Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: “Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya.”

Dan di tempat lain: “Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.”

Karena itu janganlah ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu: baik Paulus, Apolos, maupun Kefas, baik dunia, hidup, maupun mati, baik waktu sekarang, maupun waktu yang akan datang. Semuanya kamu punya.

Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

 

Mazmur:  Mzm. 24:1-2,3-4ab,5-6

 

Bacaan Injil:  Luk. 5:1-11

Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.

Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya.

Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.

Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.”

Simon menjawab: “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.

Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.

Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.”

Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap; demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.”

Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber foto: datomailbaling.blogspot.com
Sumber foto: datomailbaling.blogspot.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s