Kematian Tragis Yohanes Pembaptis

Senin, 29 Agustus 2016 |  Peringatan Wajib Wafatnya St. Yohanes Pembaptis

Kematian Tragis Yohanes Pembaptis

Renungan-Katolik.com – Sahabat RenKat, dalam renungan pagi ini, kita mendapati bacaan tentang tragisnya kematian Yohanes Pembaptis di tangan Herodes. Sang Raja memenggal kepala Yohanes Pembaptis karena terjebak janji menuruti apa saja permintaan putri dari Istri saudaranya, Herodias.

Sosok putra dari Zakaria dan Elisabet ini merupakan satu-satunya tokoh nabi dalam kehidupan Yesus. Keduanya lahir dalam peristiwa mukjizat. Elisabet mengandung di usia tua, sementara Maria mengandung tatkala masih perawan, belum pernah bersetubuh.

Yohanes Pembaptis membuka jalan pewartaan Yesus di tengah-tengah bangsa Israel, usai membaptis Mesias di Sungai Yordan. Bahkan, Yohanes Pembaptis melihat sendiri perkenan Allah dalam rupa merpati dan penampakan agung melingkupi Yesus setelah dia baptis.

Yesus mendapati kabar kematian Yohanes Pembaptis melalui murid-muridnya. Setelahnya Putra Allah pun bersiap menuju kematian yang lebih tragis: dikhianati, disiksa, hingga disalib tanpa terbukti berbuat kesalahan apa pun. Penderitaan yang ditanggung Yesus demi menebus dosa kita manusia, agar layak menuju Allah Bapa.

Puji Tuhan. Semoga kita semua selalu beroleh rahmat Allah. Amin.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yer. 1:17-19

Tetapi engkau ini, baiklah engkau bersiap, bangkitlah dan sampaikanlah kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadamu. Janganlah gentar terhadap mereka, supaya jangan Aku menggentarkan engkau di depan mereka!

Mengenai Aku, sesungguhnya pada hari ini Aku membuat engkau menjadi kota yang berkubu, menjadi tiang besi dan menjadi tembok tembaga melawan seluruh negeri ini, menentang raja-raja Yehuda dan pemuka-pemukanya, menentang para imamnya dan rakyat negeri ini.

Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.”

 

Mazmur:  Mzm. 71:1-2,3-4a,5-6ab,15ab,17

 

Bacaan Injil:  Mrk. 6:17-29

Sebab memang Herodeslah yang menyuruh orang menangkap Yohanes dan membelenggunya di penjara berhubung dengan peristiwa Herodias, isteri Filipus saudaranya, karena Herodes telah mengambilnya sebagai isteri.

Karena Yohanes pernah menegor Herodes: “Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu!”

Karena itu Herodias menaruh dendam pada Yohanes dan bermaksud untuk membunuh dia, tetapi tidak dapat, sebab Herodes segan akan Yohanes karena ia tahu, bahwa Yohanes adalah orang yang benar dan suci, jadi ia melindunginya. Tetapi apabila ia mendengarkan Yohanes, hatinya selalu terombang-ambing, namun ia merasa senang juga mendengarkan dia.

Akhirnya tiba juga kesempatan yang baik bagi Herodias, ketika Herodes pada hari ulang tahunnya mengadakan perjamuan untuk pembesar-pembesarny perwira-perwiranya dan orang-orang terkemuka di Galilea.

Pada waktu itu anak perempuan Herodias tampil lalu menari, dan ia menyukakan hati Herodes dan tamu-tamunya. Raja berkata kepada gadis itu: “Minta dari padaku apa saja yang kauingini, maka akan kuberikan kepadamu!”, lalu bersumpah kepadanya: “Apa saja yang kauminta akan kuberikan kepadamu, sekalipun setengah dari kerajaanku!”

Anak itu pergi dan menanyakan ibunya: “Apa yang harus kuminta?” Jawabnya: “Kepala Yohanes Pembaptis!”

Maka cepat-cepat ia pergi kepada raja dan meminta: “Aku mau, supaya sekarang juga engkau berikan kepadaku kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam!”

Lalu sangat sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya ia tidak mau menolaknya.

Raja segera menyuruh seorang pengawal dengan perintah supaya mengambil kepala Yohanes. Orang itu pergi dan memenggal kepala Yohanes di penjara.

Ia membawa kepala itu di sebuah talam dan memberikannya kepada gadis itu dan gadis itu memberikannya pula kepada ibunya.

Ketika murid-murid Yohanes mendengar hal itu mereka datang dan mengambil mayatnya, lalu membaringkannya dalam kuburan.

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber gambar: vultuschristi.org
Sumber gambar: vultuschristi.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s