Yesus Mengenal Kita Sejak di bawah Pohon Ara

Rabu, 24 Agustus 2016 |Pesta St. Bartolomeus Rasul

Yesus Mengenal Kita Sejak di bawah Pohon Ara

Renungan-Katolik.com – Sebagaimana suku-suku di Indonesia, orang Yahudi juga memiliki peribahasa. Perkataan Tuhan Yesus bahwa Ia telah mengenal Natanael sejak ‘berada di bawah pohon ara’ bukan dimaksudkan secara hurufiah.

‘Sejak di bawah pohon ara’ ialah peribahasa bagi insan yang tekun membaca Hukum Taurat dan Kitab para Nabi. Kini kebiasaan tersebut sepantaran membaca Alkitab.

Sahabat RK, dalam renungan pagi ini kita mengenal sosok Natanael yang tekun membaca dan mempelajari Kitab Suci. Karena imannya yang besar, dia pun percaya bahwa Yesus adalah Mesias.

Iman tersebut dipuji Yesus hingga Ia berkata: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

Semoga kita yang juga belum bertemu Yesus beroleh janji dan rahmat senada Natanael. Amin.

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Why. 21:9b-14

Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: “Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba.”

Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.

Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.

Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

 

Mazmur:  Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18

 

Bacaan Injil:  Yoh. 1:45-51

Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”

Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”

Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

fellowshipoftheminds.com
fellowshipoftheminds.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s