Yang Satu Harus Dilakukan dan Yang Lain Jangan Diabaikan

Selasa, 23 Agustus 2016 | Rosa dari Lima

Yang Satu Harus Dilakukan dan Yang Lain Jangan Diabaikan

Renungan-Katolik.com – Sejatinya judul dalam renungan hari ini terlalu panjang. Namun kata mutiara dalam ajaran Yesus di Kitab Matius, sungguh sayang bila diabaikan.

Bacaan pada hari ini ialah lanjutan dari kecaman Yesus terhadap Ahli Taurat dan Orang-orang Farisi. Inti dalam kritik Yesus ialah desakan bagi kita menyandingkan kewajiban daging dan rohani.

Selasih, adas manis dan jintan merupakan bumbu yang digunakan pada kurban bakaran bagi Allah, dengan cermat dipersiapkan para tokoh agama tersebut. Namun disayangkan bahwa ajaran utama Taurat: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan.

Tepatlah kiranya kata mutiara Yesus terpatri dalam iman kita: Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Sumber Permenungan:

Bacaan I: 2Tes. 2:1-3a,13b-17

Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.

Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.

Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.

 

Mazmur:  Mzm. 96:10,11-12a,12b-13

 

Bacaan Injil:  Mat. 23:23-26

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan.

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.

Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.

 

Pustaka: ImanKatolik.com | Ziarah Batin 2016

 

23 AGT 2016
kmooreperspective.blogspot.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s