Semudah Itukah Menjadi Pengikut Kristus?

Selasa, 16 Agustus 2016 | Stefanus dari Hungaria

Semudah Itukah Menjadi Pengikut Kristus?

Renungan-Katolik.com – Belum lama berselang, terjadi kegemparan karena penolakan atas pembangunan gedung Pastoran di Jakarta Selatan. Para penentang berdalih gedung pastoran akan berfungsi sebagai sarana Kristenisasi. Semudah itukah menjadi pengikut Kristus?

Kegemparan juga pernah terjadi di kalangan murid-murid Yesus. Musababnya, perumpamaan dari Putra Allah bahwa “lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum daripada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Mat. 19:24)

Benarkah kita manusia sungguh sulit diterima di Kerajaan Allah? Sebenarnya Yesus dengan bernas mengatakan ‘orang kaya’ bukan seluruh manusia. Yesus tidak membenci para insan yang sejahtera dalam segi harta kekayaan, namun menandaskan bahwa hati manusia hendaknya menjadi mezbah yang selalu berserah dan yakin kepada-Nya.

Demikianlah tantangan menjadi pengikut Kristus. Tidak sekedar menjaga hati dari nafsu duniawi, namun juga bijak hati di tengah cercaan sesama-nya. Di dalam penyelenggaraan Allah, ibadah ini akan menghantar kita ke kerajan-Nya. Mampukah kita? Ya. Sebab Yesus sendiri juga menandaskan: “Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.” (Mat. 19:26)

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yeh. 28:1-10

Maka datanglah firman TUHAN kepadaku:

“Hai anak manusia, katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta Allah di tengah-tengah lautan. Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah.

Memang hikmatmu melebihi hikmat Daniel; tiada rahasia yang terlindung bagimu.

Dengan hikmatmu dan pengertianmu engkau memperoleh kekayaan. Emas dan perak kaukumpulkan dalam perbendaharaanmu.

Karena engkau sangat pandai berdagang engkau memperbanyak kekayaanmu, dan karena itu engkau jadi sombong.

Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena hatimu menempatkan diri sama dengan Allah maka, sungguh, Aku membawa orang asing melawan engkau, yaitu bangsa yang paling ganas, yang akan menghunus pedang mereka, melawan hikmatmu yang terpuja; dan semarakmu dinajiskan.

Engkau diturunkannya ke lobang kubur, engkau mati seperti orang yang mati terbunuh di tengah lautan.

Apakah engkau masih akan mengatakan di hadapan pembunuhmu: Aku adalah Allah!? Padahal terhadap kuasa penikammu engkau adalah manusia, bukanlah Allah.

Engkau akan mati seperti orang tak bersunat oleh tangan orang asing. Sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

 

Mazmur:  Ul. 32:26-27ab,27cd-28,30,35cd-36ab

 

Bacaan Injil: Mat. 19:23-30

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: “Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?”

Yesus memandang mereka dan berkata: “Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.”

Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?”

Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

https://i.ytimg.com/vi/Uke6zUreFMQ/maxresdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/Uke6zUreFMQ/maxresdefault.jpg
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s