Pengikut Kristus di Zaman Menghamba Harta Dunia

Senin, 15 Agustus 2016 | Hari Biasa

Pengikut Kristus di Zaman Menghamba Harta Dunia

Renungan-Katolik.com – Menjadi pengikut Kristus tidak mudah. Banyak yang memilih untuk menanggalkan keyakinan-Nya sebab syarat mengikut Allah itu berat.

Berkali-kali Yesus menandaskan menjaga hati tidak menghamba pada harta duniawi. Pada zaman ini, tantangan tersebut sungguh besar. Kita bisa menanyakan pada sejumlah insan: Siapa/ Apa yang dicari pertama sekali ketika bangun pagi? Ternyata sebagian besar menjawab perangkat telepoon selular. Salah satu ciri gaya hidup kita yang semakin menghamba pada kebendaan dunia.

Godaan fana ini dapat kita imbangi dengan rajin membuat renungan pribadi. Romo Noegroho Agoeng (Imam Projo dari Keuskupan Agung Semarang) pernah berkata pada saya, dengan membuat renungan harian dia mendesak dirinya sendiri untuk setiap hari membaca Alkitab.

Dengan membaca Alkitab, hati kita akan selalu berlabuh pada Sabda Allah. Firman kebenaran yang menjaga iman tetap pada jalan seturut kehendak Allah. Pada jalan ini lah kita pun selalu menjadi pengikut Kristus yang setia.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yeh. 24:15-24

Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:

“Hai anak manusia, lihat, Aku hendak mengambil dari padamu dia yang sangat kaucintai seperti yang kena tulah, tetapi janganlah meratap ataupun menangis dan janganlah mengeluarkan air mata.

Diam-diam saja mengeluh, jangan mengadakan ratapan kematian; lilitkanlah destarmu dan pakailah kasutmu, jangan tutupi mukamu dan jangan makan roti perkabungan.”

Pada paginya aku berbicara kepada bangsa itu dan pada malamnya isteriku mati. Pada pagi berikutnya aku melakukan seperti diperintahkan kepadaku.

Maka bangsa itu berkata kepadaku: “Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini bagi kami, bahwa engkau melakukan demikian?”

Lalu kujawab mereka: “Firman TUHAN sudah datang kepadaku:

Katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sesungguh-sungguhnya Aku akan menajiskan tempat kudus-Ku, kekuasaanmu yang kaubanggakan, kenikmatan bagi matamu dan bagi jiwamu; dan anak-anakmu lelaki dan perempuan yang kamu tinggalkan akan mati rebah oleh pedang.

Kamu akan melakukan seperti yang kulakukan: Mukamu tidak akan kamu tutupi dan roti perkabungan tidak akan kamu makan, kepalamu pakai destar dan kakimu pakai kasut; dan kamu tidak akan meratap atau menangis. Tetapi kamu akan hancur lebur dalam hukumanmu, dan kamu akan mengeluh seorang kepada yang lain.

Demikianlah Yehezkiel menjadi lambang bagimu; tepat seperti yang dilakukannya kamu akan lakukan. Kalau itu sudah terjadi maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan ALLAH.

 

Mazmur Tanggapan:  Ul. 32:18-19,20,21

 

Bacaan Injil:  Mat. 19:16-22

Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”

Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.”

Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?”

Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”

Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

https://lifeondoverbeach.files.wordpress.com/2010/06/take-up-your-cross.jpg
https://lifeondoverbeach.files.wordpress.com/2010/06/take-up-your-cross.jpg
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s