Tulus Seperti Anak-anak

Selasa, 9 Agustus 2016 | Teresia Benedikta dr Salib

Tulus Seperti Anak-anak

Renungan-Katolik.com – Seorang ibu merasa sedih ketika tidak mendapati dompetnya dalam kantongan belanja. Ketika memandang sekeliling, matanya terbentar pada seorang anak yang terengah-engah berlari membawa benda berwarna coklat. Astaga! Itu kan dompetku, batin si ibu.

Ketika dekat anak tersebut lalu memberikan dompet si ibu yang terjatuh dekat tempat bermainnya. Si ibu sungguh tersentuh dengan ketulusan si anak yang tak meminta balasan apa-apa. Namun, wanita tersebut lalu mentraktirnya permen terbaik di kota mereka.

Cerita di atas merupakan peggambaran ketulusan hati anak-anak yang dipuji Yesus, dalam renungan pagi ini. Sebab semasih kanak-kanak, mereka tidak dicekoki dengan nafsu takaran dunia. Bahkan, termasuk perasaan khawatir.

Kerajaan Sorga merupakan akhir pencapaian yang diidamkan banyak manusia. Tidak mudah menjadikan diri sebagai pribadi yang dikehendaki Allah. Namun, tetap saja sisi nafsu manusia melekat, tatkala para murid bertanya pada Yesus, siapakah diantara mereka yang akan mendapat kedudukan terbesar di Sorga.

Memiliki pribadi yang tulus bagai anak-anak sungguh menyenangkan hati Allah. Walaupun, kita masih berjuang menjadi pribadi tersebut. Namun, Yesus menyatakan tak seorang pun dari kita yang dikehendaki Allah untuk lepas dari kawanan menuju Sorga.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yeh. 2:8-3:4

Dan engkau, anak manusia, dengarlah apa yang Kufirmankan kepadamu; janganlah memberontak seperti kaum pemberontak ini. Ngangakanlah mulutmu dan makanlah apa yang Kuberikan kepadamu.”

Aku melihat, sesungguhnya ada tangan yang terulur kepadaku, dan sungguh, dipegang-Nya sebuah gulungan kitab, lalu dibentangkan-Nya di hadapanku. Gulungan kitab itu ditulisi timbal balik dan di sana tertulis nyanyian-nyanyian ratapan, keluh kesah dan rintihan.

Firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, makanlah apa yang engkau lihat di sini; makanlah gulungan kitab ini dan pergilah, berbicaralah kepada kaum Israel.”

Maka kubukalah mulutku dan diberikan-Nya gulungan kitab itu kumakan.

Lalu firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, makanlah gulungan kitab yang Kuberikan ini kepadamu dan isilah perutmu dengan itu.” Lalu aku memakannya dan rasanya manis seperti madu dalam mulutku.

Firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, mari, pergilah dan temuilah kaum Israel dan sampaikanlah perkataan-perkataan-Ku kepada mereka.

 

Mazmur:  Mzm. 119:14,24,72,103,111,131

 

Bacaan Injil:  Mat. 18:1-5,10,12-14

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?”

Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.”

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

“Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?

Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat.

Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang.”

 

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

tulus seperti anak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s