Pengorbanan Terbesar, Demi Dunia atau Sorga?

Rabu, 27 Juli 2016 | Hari Biasa

Pengorbanan Terbesar, Demi Dunia atau Sorga?

Renungan-Katolik.com – Seberapa besar kita mau berkorban untuk sesuatu paling berharga? Semisal mendapat pekerjaan yang mapan, kesembuhan orangtua atau anak yang tengah sakit, bahkan mungkin kebahagiaan sejati dalam hidup.

Banyak dari kita tentu berjuang hebat untuk meraih beberapa impian duniawi di atas.

Dalam renungan pagi ini, Yesus memberikan perumpamaan sungguh besar ganjaran kebahagiaan bila menemukan Kerajaan Sorga. Oleh karena kebahagiaan tersebut, manusia dihadapkan pada pilihan meninggalkan seluruh impian duniawi.

Apakah pentingkah mendapat perkenan Allah masuk dalam Kerajaan Sorga? Tentu saja. Sebab tidak ada manusia normal yang memilih terhukum di neraka.

Namun, godaan dari kenikmatan dunia juga menggiurkan. Sebagai manusia, kita tidak luput dari jerat dosa. Tetapi Allah sendiri tidak melepaskan kita dari belas kasih-Nya, sebagaimana difirmankan kepada Nabi Yeremia: “Aku akan melepaskan engkau dari tangan orang-orang jahat dan membebaskan engkau dari genggaman orang-orang lalim.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yer. 15:10,16-21

Celaka aku, ya ibuku, bahwa engkau melahirkan aku, seorang yang menjadi buah perbantahan dan buah percederaan bagi seluruh negeri. Aku bukan orang yang menghutangkan ataupun orang yang menghutang kepada siapapun, tetapi mereka semuanya mengutuki aku.

Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Tidak pernah aku duduk beria-ria dalam pertemuan orang-orang yang bersenda gurau; karena tekanan tangan-Mu aku duduk sendirian, sebab Engkau telah memenuhi aku dengan geram.

Mengapakah penderitaanku tidak berkesudahan, dan lukaku sangat payah, sukar disembuhkan? Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai.

Karena itu beginilah jawab TUHAN: “Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku. Biarpun mereka akan kembali kepadamu, namun engkau tidak perlu kembali kepada mereka.

Terhadap bangsa ini Aku akan membuat engkau sebagai tembok berkubu dari tembaga; mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk menyelamatkan dan melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.

Aku akan melepaskan engkau dari tangan orang-orang jahat dan membebaskan engkau dari genggaman orang-orang lalim.”

 

Mazmur:  Mzm. 59:2-3,4-5a,10-11,17-18

 

Bacaan Injil :  Mat. 13:44-46

“Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

 

Pustaka : ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber: hdwallpaperbook.com
Sumber: hdwallpaperbook.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s