Mata untuk Melihat, Telinga untuk Mendengar

Kamis, 21 Juli 2016 | Laurensius dari Brindisi

Mata untuk Melihat, Telinga untuk Mendengar

Renungan-Katolik.com – ‘Mengapa hidup saya selalu menderita?’ Pertanyaan ini, bila tidak sering, setidaknya pernah terlontar dalam hati kita. Banyak ragam jawaban, tetapi ada satu yang hingga kini melekat dalam benak saya: ‘Sebab Tuhan rindu agar kita selalu dekat dengan-Nya’.

Aih! Bagaimana mungkin? Seorang Imam menjabarkannya secara sederhana: ‘Tatkala menderita, engkau akan memanjatkan doa. Tatkala bersenang-senang, engkau memperhatikan egomu saja.’ Dengan demikian penderitaan tak terelakkan, namun bersedih hati adalah pilihan.

Sahabat RK, dalam renungan pagi ini, para murid heran mengapa Yesus kerap mengajar dengan perumpamaan. Bahkan tak jarang sungguh rumit untuk dipahami kalangan awam kala itu. Halangan untuk memahami ajaran Yesus tersebut berakar pada lemahnya iman mereka sendiri. Sehingga banyak orang yang mendengar ajaran itu “sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti

Kita juga diberi kehendak bebas untuk memilih bagaimana iman kita berlabuh: Apakah menjauh dari ajaran-Nya? Atau perlahan-lahan megubur kerinduan akan sabda Allah, dan terus terpekur bermuram durja? Sembari bertanya kembali ‘Mengapa hidup saya selalu menderita?’

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I : Yer. 2:1-3,7-8,12-13

Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: “Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.

Ketika itu Israel kudus bagi TUHAN, sebagai buah bungaran dari hasil tanah-Nya. Semua orang yang memakannya menjadi bersalah, malapetaka menimpa mereka, demikianlah firman TUHAN.

Aku telah membawa kamu ke tanah yang subur untuk menikmati buahnya dan segala yang baik dari padanya. Tetapi segera setelah kamu masuk, kamu menajiskan tanah-Ku; tanah milik-Ku telah kamu buat menjadi kekejian.

Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi, dan para gembala mendurhaka terhadap Aku. Para nabi bernubuat demi Baal, mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

Tertegunlah atas hal itu, hai langit, menggigil dan gemetarlah dengan sangat, demikianlah firman TUHAN.

Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air.

 

Mazmur :  Mzm. 36:6-7ab,8-9,10-11

 

Bacaan Injil:  Mat. 13:10-17

Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”

Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.

Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.

Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.

Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

 

Pustaka : ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber foto: http://www.smiley.com/
Sumber foto: http://www.smiley.com/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s