Ini Ibu-Ku dan Saudara-saudara-Ku!

Selasa, 19 Juli | Hari Biasa

Ini Ibu-Ku dan Saudara-saudara-Ku!

Renungan-Katolik.com – Peristiwa bencana alam acapkali disusul berita tragis atau menyedihkan. Baik dari sisi korban nyawa maupun kerugian materiil yang diderita. Akan tetapi, kita juga tak kerap mendapati berita mengharukan tentang hadirnya sosok pahlawan yang berjuang menyelamatkan/ membantu para korban bencana. Bahkan, tidak sedikit dari mereka mengorbankan nyawanya sendiri demi umat manusia lain.

Berita tentang aksi heroik ini menjadi penawar di tengah banjir informasi yang lebih menjurus pertikaian, mencurigai dan menyalahkan. Dalam benak hati kita bertanya-tanya: Mengapa mereka rela menjadi korban atas upaya menyelamatkan orang lain?

Sahabats Renungan-Katolik.com, sabda pagi ini sungguh membuat kita tercenung. Sebab, Yesus memegang teguh pelayanan-Nya bagi umat manusia. Dengan sigap Yesus menyatakan bahwa para murid dan insan yang tengah mendengarkan Sabda Allah adalah ‘Ibu dan Saudara-saudara-Nya’.

“Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.” Demikian Sabda-Nya. Amin.

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Mi. 7:14-15,18-20

Gembalakanlah umat-Mu dengan tongkat-Mu, kambing domba milik-Mu sendiri, yang terpencil mendiami rimba di tengah-tengah kebun buah-buahan. Biarlah mereka makan rumput di Basan dan di Gilead seperti pada zaman dahulu kala.

Seperti pada waktu Engkau keluar dari Mesir, perlihatkanlah kepada kami keajaiban-keajaiban!

Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?

Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.

Kiranya Engkau menunjukkan setia-Mu kepada Yakub dan kasih-Mu kepada Abraham seperti yang telah Kaujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang kami sejak zaman purbakala!

 

Mazmur: Mzm. 84:2-4,5-6,7-8

 

Bacaan Injil:   Mat. 12:46-50

Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.

Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”

Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”

Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s