Mencari Kehendak Allah

Senin, 18 Juli 2016 | Hari Biasa

Mencari Kehendak Allah

Renungan-Katolik.com – Sebelum memutuskan menjalin hubungan yang serius dengan suami saya, kami terlebih dahulu melakukan doa bersama. Sebelum saya menerima dia untuk lebih serius mendekati saya, kami bersama – sama melakukan doa Novena.  Setiap jam dua pagi, kami bangun untuk berdoa, dan setelah berdoa kami berserita sekitar sepuluh menit untuk merasakan apa yang kami rasakan hari demi hari. Masing masing dalam doa kami meminta tanda / petunjuk dari Tuhan, apakah benar kami berjodoh.

Dan dari saya sendiri, tanda membuat saya mulai yakin bahwa suami saya adalah jodoh saya saat itu, karena saya begitu merindukan doa bersama di jam – jam seperti itu, dan saya begitu menyukai hal – hal yang kami kagumi dari hasil doa itu. Rasanya berdoa pada jam tersebut benar benar menjadi penguasa waktu dengan Tuhan. Kala orang banyak sedang tidur, kita dengan tenag bercurhat ria dengan Tuhan, dan rasanya fokus Tuhan hanya pada kami saat ikut. Sebelum berdoa aku berdandan khusu untuk Tuhan. Dan aku diarahkan seorang pria yang terlihat jelas begitu sungguh – sungguh ingin mempersuntingku menjadi teman hidupnya.

Tuhan menginginkan kita tidak lagi meminta tanda. Karena Kristus sendiri sudah menjadi tanta agung bagi keselamatan kita.  Dia hanya ingin kita membuktikan iman dan cinta kita kepada-Nya.

 

Bahan Permenungan:

Bacaan I: Mi. 6:1-4,6-8

Baiklah dengar firman yang diucapkan TUHAN: Bangkitlah, lancarkanlah pengaduan di depan gunung-gunung, dan biarlah bukit-bukit mendengar suaramu!

Dengarlah, hai gunung-gunung, pengaduan TUHAN, dan pasanglah telinga, hai dasar-dasar bumi! Sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap umat-Nya, dan Ia beperkara dengan Israel.

“Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!

Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa dan Harun dan Miryam sebagai penganjurmu.

“Dengan apakah aku akan pergi menghadap TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan korban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun?

Berkenankah TUHAN kepada ribuan domba jantan, kepada puluhan ribu curahan minyak? Akan kupersembahkankah anak sulungku karena pelanggaranku dan buah kandunganku karena dosaku sendiri?”

“Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?”

Mazmur: Mzm. 50:5-6,8-9,16bc-17,21,23

 

Bacaan Injil: Mat. 12:38-42

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”

Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!

Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!”

Pustaka: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber gambar: http://stevedusek.com/
Sumber gambar: http://stevedusek.com/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s