Bersyukur Senantiasa

Rabu, 13 Juli 2016 – Henrikus

Bersyukur Senantiasa

Renungan-Katolik.com – “Bersyukur adalah pelajaran hidup yang tiada pernah usai”. Demikian kesimpulan setiap kali Saya dan Istri berdiskusi bersama perihal renungan harian. Sebab menghitung berkat yang kami peroleh dalam bahtera rumah tangga, kerap sekali di luar pemahaman dan kemampuan kami sebagai manusia biasa.

Ada kalanya kami seperti melongo mendapati keuangan yang menipis ketika dirundung sakit. Ataupun desakan tanya dari karib dekat perihal keturunan yang belum hadir di tengah kami. Semua resah dan permohonan tersebut lalu kami satukan dalam doa permohonan.

Tidak setiap doa sepertinya dikabulkan secara pandangan kasat mata kami. Tetapi, kami meyakini bahwa rencana-Nya sungguh indah. Adalah satu kebahagiaan bahwa Allah memelihara kami dalam menjalani masa awal berkeluarga yang penuh pencobaan. Mengapa? Karena Iblis membenci hubungan kudus dalam keluarga. Terutama keluarga yang memilih dekat dengan Allah.

Tuhan Yesus dalam renungan pagi ini mengajar kita semua untuk belajar dan tahu bersyukur. Yesus bersyukur kepada Bapa dengan wajah sebagai seorang anak yang sangat mengasihi Bapa karena Bapa juga sangat mengasihiNya. Ini mengungkapkan sebuah relasi pribadi yang sangat mendalam antara Bapa dan Putra. Semangat cinta kasih ini juga menjadi landasan antara Allah dengan manusia.

Tuhan Yesus mengajarkan kita tidak pernah berhenti bersyukur kepada Tuhan atas semua anugerah juga pengalaman suka dan duka. Tuhan punya rencana untuk menyelamatkan kita dan hendaknya syukur itu tidak pernah berhenti dalam diri kita.

 

“Bersyukur adalah pelajaran hidup yang tiada pernah usai”

~ Evanta

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yes. 10:5-7,13-16

Celakalah Asyur, yang menjadi cambuk murka-Ku dan yang menjadi tongkat amarah-Ku!

Aku akan menyuruhnya terhadap bangsa yang murtad, dan Aku akan memerintahkannya melawan umat sasaran murka-Ku, untuk melakukan perampasan dan penjarahan, dan untuk menginjak-injak mereka seperti lumpur di jalan.

Tetapi dia sendiri tidak demikian maksudnya dan tidak demikian rancangan hatinya, melainkan niat hatinya ialah hendak memunahkan dan hendak melenyapkan tidak sedikit bangsa-bangsa.

Sebab ia telah berkata: “Dengan kekuatan tanganku aku telah melakukannya dan dengan kebijaksanaanku, sebab aku berakal budi; aku telah meniadakan batas-batas antara bangsa, dan telah merampok persediaan-persediaan mereka, dengan perkasa aku telah menurunkan orang-orang yang duduk di atas takhta.

Seperti kepada sarang burung, demikianlah tanganku telah menjangkau kepada kekayaan bangsa-bangsa, dan seperti orang meraup telur-telur yang ditinggalkan induknya, demikianlah aku telah meraup seluruh bumi, dan tidak seekorpun yang menggerakkan sayap, yang mengangakan paruh atau yang menciap-ciap.”

Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya, atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakannya? seolah-olah gada menggerakkan orang yang mengangkatnya, dan seolah-olah tongkat mengangkat orangnya yang bukan kayu!

Sebab itu Tuhan, TUHAN semesta alam, akan membuat orang-orangnya yang tegap menjadi kurus kering, dan segala kekayaannya akan dibakar habis, dengan api yang menyala-nyala.

 

Mazmur : Mzm. 94:5-6,7-8,9-10,14-15

 

Bacaan Injil: Mat. 11:25-27

Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.

Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Sumber tambahan: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber foto: http://www.artikelkristen.com/
Sumber foto: http://www.artikelkristen.com/
Advertisements

One thought on “Bersyukur Senantiasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s