Iman yang Teguh

Selasa, 12 Juli 2016 | Hari Biasa

Iman yang Teguh

Renungan-Katolik.com – Sahabat Renungan-Katolik, khususnya penggemar sepakbola, tentu mendapat kabar ‘kisah dongeng’ klub semenjana Leicester City merengkuh gelar juara Liga Inggris tahun ini. Decak kagum dan pujian disampirkan pada klub yang dilatih Claudio Ranieri. Musababnya ialah prestasi gemilang ini diraih di tengah persaingan bersama klub-klub kaya seperti Manchester City dan Chelsea.

“Saya tidak pernah menyangka akan ini ketika saya datang,” kata Ranieri. “Saya adalah seorang pragmatis, saya cuma ingin memenangi laga dan membantu para pemain saya berkembang pekan demi pekan.”

Raja Ahas juga tidak menyangka dapat menghadapi serangan dari Raja Rezin dan Raja Pekah. Namun Allah, melalui nabi Yesaya, meneguhkan hati Raja Ahas dan rakyat Yehuda yang gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin.

“Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah Rezin dengan Aram dan anak Remalya.” Demikian sabda Allah melalui Yesaya kepada Raja Ahas.

Bagaimana bila hati Raja Ahas dan rakyat Yehuda masih bergeming meski mendapat jaminan pemeliharaa Allah? Sikap ini lah yang dicela Yesus sebagaimana tiada pertobatan di kota-kota yang pernah Ia beri mukjizat.

Orang muda terkasih, jangan mengubur talenta-talenta, karunia yang diberikan Allah padamu. Jangan takut memimpikan hal-hal besar.

~ Paus Fransiskus

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Yes. 7:1-9

Dalam zaman Ahas bin Yotam bin Uzia, raja Yehuda, maka Rezin, raja Aram, dengan Pekah bin Remalya, raja Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya.

Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: “Aram telah berkemah di wilayah Efraim,” maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin.

Berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: “Baiklah engkau keluar menemui Ahas, engkau dan Syear Yasyub, anakmu laki-laki, ke ujung saluran kolam atas, ke jalan raya pada Padang Tukang Penatu, dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah Rezin dengan Aram dan anak Remalya.

Oleh karena Aram dan Efraim dengan anak Remalya telah merancang yang jahat atasmu, dengan berkata: Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya, kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya, maka beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi, sebab Damsyik ialah ibu kota Aram, dan Rezin ialah kepala Damsyik. Dalam enam puluh lima tahun Efraim akan pecah, tidak menjadi bangsa lagi.

Dan Samaria ialah ibu kota Efraim, dan anak Remalya ialah kepala Samaria. Jika kamu tidak percaya, sungguh, kamu tidak teguh jaya.”

 

Mazmur: Mzm. 48:2-3a,3b-4,5-6,7-8

 

Bacaan Injil: Mat. 11:20-24

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:

“Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.

Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.”

Sumber tambahan: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016 | Tempo.co

Sumber foto: https://si.wsj.net
Sumber foto: https://si.wsj.net
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s