Tugas dari Allah

Jumat, 8 Juli 2016 | Hari Biasa

Tugas dari Allah

Renungan-Katolik.com – Saudara terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, selamat pagi dan salam damai sejahtera. Pada renungan pagi hari ini, izinkan saya berbagi permenungan yang saya dapat dari kitan Hosea dan Injil Matius. Sabda Allah dalam renungan ini adalah bagaimana kita harus sadar bahwa kita ada untuk menerima tugas dari Allah. Tugas apakah itu? Itulah tugas untuk menjadi pewarta kabar suka cita dan bisa membawa pertobatan untuk semua umat manusia. Bertobat dan berbalik kepada Allah. Allah sendiri tahu, bahwa untuk mengikut Dia bukanlah perkara yang mudah. Dalam injil Matius hari ini, Yesus pun berkata: “ Lihat aku mengutus kamu seperti domba di tengah srigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular, dan tulus seperti merpati.” Kita ditempatkan di bumi untuk memberi sumbangsih. Kita diciptakan bukan hanya untuk menghabiskan sumberdaya, kita dirancang untuk membuat hal yang berbeda dari hidup kita. Kita diciptakan menerima tugas untuk melayani Allah, kita juga diselamatkan untuk bertugas melayani Allah. Karena Mesias sendiripun diutus untuk melayani, bukan dilayani.

 

“Tuhan, bila membutuhkanku, aku tidak menolak untuk bekerja. Terjadilah kehendakMu.” ~ St. Martin de Tours

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Hos. 14:2-10

(14-3) Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: “Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

(14-4) Asyur tidak dapat menyelamatkan kami; kami tidak mau mengendarai kuda, dan kami tidak akan berkata lagi: Ya, Allah kami! kepada buatan tangan kami. Karena Engkau menyayangi anak yatim.”

(14-5) Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

(14-6) Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

(14-7) Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

(14-8) Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon.

(14-9) Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala? Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah.

(14-10) Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.

Mazmur: Mzm. 51:3-4,8-9,12-13,14,17

Bacaan Injil: Mat. 10:16-23

“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.

Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Sumber tambahan: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber foto: http://www.fluidforward.com/
Sumber foto: http://www.fluidforward.com/
Advertisements

One thought on “Tugas dari Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s