Kristen Kelas Dunia

Kamis, 7 Juli 2016 | Hari Biasa

Kristen Kelas Dunia

Renungan-Katolik.com – Saudara terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, kiranya di pagi yang berbahagia ini, kita tidak lupa bersyukur atas rahmat Allah kita yang memberi kehidupan untuk kita nikmati hari ini. Hari ini merupakan hadiah dari Allah kita. Membaca Injil Matius dalam renungan pagi ini, saya terpana. Mengapa? Di sana Yesus yang mengutus murid-murid-Nya memberi berkat, dan berpesan agar saat pelayanan mereka, pada murid tidak membawa bekal apapun. Di sini para murid dituntut untuk memiliki iman yang dewasa. Bukan iman yang kekanak-kanakan. Yesus mengajarkan para murid untuk berserah penuh kepada Allah. Inilah langkah pertama untuk dapat menjadi Kristen kelas dunia. Sepenuhnya yakin akan pemeliharaan Allah. Kita mulai meminta penyertaan Roh Kudus untuk memikirkan kebutuhan rohani orang lain. Merubah pemikiran kita, dari pemikiran lokal ke pemikiran global. Berubah pemikiran yang hanya memikirkan waktu sekarang kepada pemikiran yang kekal. Berubah dari pemikiran pemikiran yang mencari alasan kepada pemikiran yang kreatif untuk melaksanakan misi kita menjadi pewarta Kristus.

 

“Yesus Kristus mengandalkan Anda ! Gereja mengandalkan Anda ! Paus mengandalkan Anda !”

~ Paus Fransiskus

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Hos. 11:1,3-4,8c-9

Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.

Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka.

Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.

Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim? Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak.

Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

 

Mazmur : Mzm. 80:2ac,3b,15-16

 

Bacaan Injil: Mat. 10:7-15

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.

Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.

Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.

Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.

Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”

 

Sumber tambahan: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

 

Sumber gambar: www.frpcs.org
Sumber gambar: http://www.frpcs.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s