Menyerap Ilham, Menahan Tantangan

 

RenunganKatolik.com – Dalam buku mahakarya Dale Carnegie: How to Win Friends and Influence People, ia mengutip sejarah ditemukannya ban a ngin. Benda yang menopang dan bergulir untuk memudahkan kita bepergian via angkutan darat.

Pada awalnya, tim penemu tersebut meniru cara kerja roda kayu, lazim digunakan untuk pedati yang ditarik oleh kuda. Namun, konsep tersebut kerap gagal. Ban yang dibuat dengan bahan besi tersebut kerap menimbulkan goncangan besar dan rentan lekas rusak.

Terbersitlah dalam benak para penemu ini, bahwa kegagalan tersebut karena pemikiran mereka yang hendak melawan permukaan alam. Bukankah semestinya berdamai dengan kondisi alam itu sendiri? Tanya ini kemudian menjadi ilham untuk menciptakan material yang dapat me nyerap permukaan alam yang keras. Namun tetap kokoh menopang pengemudi dan muatan di atasnya.

Serangkaian percobaan dilakukan hingga mereka menemukan getah karet yang dapat diolah menjadi ban angin, sebagaimana umum kita gunakan sekarang. Temuan ini pun segera saja dapat diterapkan untuk kendaraan mobil dan sepeda. Tidak hanya karena karet tersebut dapat menyerap kerasnya permukaan alam, namun juga kuat menahan beban pengemudi dan muatannya.

Sebagaimana juga konsep elastisitas karet ban yang berguna bagi penemuan transportasi masa kini, jiwa manusia selayaknya tangguh menahan tantangan dalam napaktilas hidupnya. Bila tidak, ia tentu telah lama punah. Terjerembab oleh kegagalan adalah perkara biasa. Sebab dari fase itulah melengkapkan diri dengan perisai-perisai baru yang lebih lentur dan dapat menyerap ilham sebesar mungkin.

Sumber foto: http://www.passengertransport.bg/
Sumber foto: http://www.passengertransport.bg/
Advertisements

One thought on “Menyerap Ilham, Menahan Tantangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s