Yesus Memanggil Kita, Orang Berdosa

Jumat, 1 Juli 2016 | Hari Biasa

Yesus Memanggil Kita, Orang Berdosa

Renungan-Katolik.com – Sahabat RK, renungan pagi ini berkaitan erat dengan tema pengampunan dosa dalam renungan semalam. Dimana pengampunan dicurahkan bagi peyesalan/ tobat akan tindak atau sikap yang bersalah kepada Allah.

Betapa indah perkataan Yesus sebagai jawaban atas cibir para ahli Taurat,”Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Sosok Matius sebagai pemungut cukai sangat tidak disukai sesama bangsa Israel, karena mengutip penghasilan mereka untuk diberikan kepada bangsa Romawi yang terkenal menyembah dewa-dewi khayalan dari Yunani. Menurut mereka bangsa Romawi adalah orang kafir, dan Matius juga termasuk ke dalamnya.

Namun sesungguhnya Yesus mendapati dosa Matius ialah nafsu-nya akan harta duniawi. Mengejar kekayaan melalui hasil pengumpulan pajak. Tantangan yang juga kerap kita alami dalam napaktilas kehidupan ini. Hingga sekarang.

Sebenarnya, Allah tidak akan menjatuhkan kita dalam kemiskinan supaya jangan mencuri dan mempermalukan nama Tuhan atau memberikan kekayaan sehingga kita melupakan Tuhan. Tentunya menjadi pergumulan berat dalam diri Matius ketika Tuhan memanggilnya akan tetapi Matius telah melangkah dengan iman. Ingat, Tuhan tidak menjanjikan hidup kita akan bahagia dan nikmat ketika kita menjadi murid-Nya tetapi Tuhan janji: Ia akan selalu beserta ketika badai itu datang menimpa kita. Pilihan Matius adalah pilihan sempurna, dibutuhkan kesadaran penuh dan cara pandang Matius kini berbeda, ia melihat ada pengharapan di dalam Kristus.

 

Yesus ingin menuntun orang-orang kepada Bapa dan menghilangkan rasa kekhawatiran akan makanan sehari-hari, pakaian, keberhasilan atau karir.

~ Paus Fransiskus

 

Sumber Permenungan:

Bacaan I: Am. 8:4-6,9-12

Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini dan berpikir: “Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu, supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?”

“Pada hari itu akan terjadi,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah.

Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih.”

“Sesungguhnya, waktu akan datang,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

 

Mazmur:  Mzm. 119:2,10,20,30,40,131

 

Bacaan Injil: Mat. 9:9-13

Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Sumber tambahan: ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber gambar: www.freebibleimages.org
Sumber gambar: http://www.freebibleimages.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s