Sebelum Menghakimi, Lihatlah Dirimu

Senin, 20 Juni 2016 | Hari Biasa

Sebelum Menghakimi, Lihatlah Dirimu

RenunganKatolik.com – Belakangan ini, saya sedikit was-was melihat berita dari media yang membuat miris. Topik berita yang hangat saat ini mengenai pemerkosaan terhadap kaum hawa.

Beritanya sadis, membuat amarah menggelegar di dalam hati. Ingin sekali menjatuhkan hukuman yang setimpal pada pelakunya. Membaca berita tersebut dalam benak hati saya muncul makian pada orang jahat tersebut.

Apa yang saya rasakan ini juga dirasakan semua orang. Saya juga mendengar banyak yang memperbincangkan hal tersebut. Namun, apa yang banyak dilakukan mereka? Hanya menumpahkan amarah di media sosial, bahkan saling menyalahkkan.

Saya melihat tidak ada aksi nyata yang bisa mengurangi tindak kejahatan ini. Semisal mengajarkan kepada anak-anak bagaimana menghargai sebayanya, terutama perempuan. Ataupun menunjukkan teladan berpakaian sopan baik lelaki maupun perempuan.

Seperti Injil hari ini, Yesus mengatakan perihal menghakimi. Ia mengatakan betapa konyolnya orang yang terdapat balok di matanya, namun ingin mengeluarkan selumbar di mata sesamanya.

Jika anda menghakimi orang, anda tidak punya waktu mencintai mereka.

~ Bunda Teresa

Sumber Permenungan:

Bacaan I: 2Raj. 17:5-8,13-15a,18

Kemudian majulah raja Asyur menjelajah seluruh negeri itu, ia menyerang Samaria dan mengepungnya tiga tahun lamanya.

Dalam tahun kesembilan zaman Hosea maka raja Asyur merebut Samaria. Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur ke dalam pembuangan dan menyuruh mereka tinggal di Halah, di tepi sungai Habor, yakni sungai negeri Gozan, dan di kota-kota orang Madai.

Hal itu terjadi, karena orang Israel telah berdosa kepada TUHAN, Allah mereka, yang telah menuntun mereka dari tanah Mesir dari kekuasaan Firaun, raja Mesir, dan karena mereka telah menyembah allah lain, dan telah hidup menurut adat istiadat bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel, dan menurut ketetapan yang telah dibuat raja-raja Israel.

TUHAN telah memperingatkan kepada orang Israel dan kepada orang Yehuda dengan perantaraan semua nabi dan semua tukang tilik: “Berbaliklah kamu dari pada jalan-jalanmu yang jahat itu dan tetaplah ikuti segala perintah dan ketetapan-Ku, sesuai dengan segala undang-undang yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu dan yang telah Kusampaikan kepada mereka dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, para nabi.”

Tetapi mereka tidak mau mendengarkan, melainkan mereka menegarkan tengkuknya seperti nenek moyangnya yang tidak percaya kepada TUHAN, Allah mereka.

Mereka menolak ketetapan-Nya dan perjanjian-Nya, yang telah diadakan dengan nenek moyang mereka, juga peraturan-peraturan-Nya yang telah diperingatkan-Nya kepada mereka; mereka mengikuti dewa kesia-siaan, sehingga mereka mengikuti bangsa-bangsa yang di sekeliling mereka, walaupun TUHAN telah memerintahkan kepada mereka: janganlah berbuat seperti mereka itu.

Sebab itu TUHAN sangat murka kepada Israel, dan menjauhkan mereka dari hadapan-Nya; tidak ada yang tinggal kecuali suku Yehuda saja. ?

 

Mazmur: Mzm. 60:3,4-5,12-13

 

Bacaan Injil: Mat 7:1-5

“Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.

Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.

Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Sumber tambahan : ImanKatolik.or.id | Ziarah Batin 2016

Sumber: Tinybuddha.com
Sumber: Tinybuddha.com
Advertisements

3 thoughts on “Sebelum Menghakimi, Lihatlah Dirimu

  1. Terimakasih kk atas renungan hari ini. ini juga menjadi renungan buat saya dan kita semua yang membaca. salam kenal 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s